Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM hingga 18 Oktober 2021, Blitar Masuk Uji Coba Level 1

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram/@luhut.pandjaitan)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram/@luhut.pandjaitan)

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu ke depan, yakni hingga 18 Oktober 2021. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

"Dalam penerapan PPKM level selama dua minggu ke depan, masih terdapat 20 kabupaten/kota yang bertahan di level 2, yang didominasi oleh Semarang Raya dan Solo Raya, Solo Raya sekarang masuk Level 2," ucapnya dalam konferensi pers, Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut, Luhut pun menyebutkan untuk jumlah daerah yang menerapkan Level 3 bertambah dari 84 Kabupaten/Kota menjadi 107 Kabupaten/Kota.

"Karena kota-kota di level 2 yang sebelumnya mendapat dispensasi belum mampu mencapai target cakupan vaksinasi," ungkapnya.

Baca Juga: Azis Syamsuddin Disebut Punya 8 Orang untuk Amankan Kasus di KPK

Dalam hal ini, pemerintah juga melakukan uji coba pemberlakuan PPKM Level 1 untuk Kota Blitar. Implementasi uji coba PPKM Level 1 diberlakukan, karena telah memenuhi syarat indikator WHO, dan target cakupan vaksinasi dosis 1 sebesar 70% dan dosis 1 lansia sebesar 60%.

"Penerapan PPKM Level 1 ini akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal. Untuk mengimbangi hal tersebut, Tindakan surveillance, testing/tracing, dan peningkatan disiplin protokol kesehatan," terang Luhut.

"Kami dan Menkes akan menurunkan tim khusus untuk memantau pelaksanaan PPKM Level 1 di Kota Blitar, sehingga nanti akan menjadi role model buat kota/kabupaten lain," tandasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X