Waketum MUI Buat Surat Terbuka untuk Kepala Negara yang Dekat dengan Wilayah Palestina

- Rabu, 19 Mei 2021 | 13:30 WIB
Wakil Ketua Umum MUI, Buya Anwar Abbas. (mui.or.id)
Wakil Ketua Umum MUI, Buya Anwar Abbas. (mui.or.id)

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas membuat surat terbuka kepada para kepala negara atau pemerintahan yang dekat dengan wilayah Palestina.

Dalam surat tersebut, Anwar mengatakan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan bahwa dunia Islam atau OKI akan bisa mendorong  terciptanya perdamaian di Palestina, kalau negara-negara yang tergabung dalam OKI bersatu.

Namun menurutnya himbauan persatuan dan kesatuan ini akan lebih penting  lagi kalau itu bisa diwujudkan oleh  negara-negara yang berdekatan dengan Israel. Kemudian mereka melakukan langkah-langkah dan tindakan konkrit serta tegas terhadap israel.  

“Negara-negara yang berdekatan dengan israel tersebut seperti Mesir, Saudi, Yordania, Syria, Libanon, Iraq , Iran dan Turki serta negara-negara teluk seperti Kuwait, Uni Emirat Arab , Qatar dan Bahrain lalu mereka melakukan langkah-langkah dan  tindakan konkrit serta tegas terhadap Israel,” kata Anwar kepada Indozone, Rabu (19/5/2021).

Karena itu Anwar berujar jika mereka tidak berani melakukan  perang total dengan  menyerang Israel secara frontal dari berbagai penjuru baik  darat, laut maupun udara, maka dirinya memberikan beberapa himbauan.

Baca Juga: Yael Shelbia, Wanita Tercantik di Dunia yang Juga Tentara Angkatan Udara Israel

Pertama, kata Anwar, sebaiknya para kepala negara dan  pemerintahan dari negara-negara tersebut yang punya hubungan diplomatik dengan Israel supaya dengan tegas memutus hubungan diplomatiknya.

“Kedua supaya semua negara tersebut diikuti oleh negara-negara yang tergabung dalam OKI juga memutus hubungan dagangnya dengan Israel karena dengan cara-cara seperti itulah Israel akan bisa mundur dan menghentikan semua tindak kebiadabannya,” tutur Anwar.

Ketua PP Muhammadiyah itu menyampaikan, tanpa adanya tindakan seperti itu nasib masyarakat Palestina tidak akan semakin baik, namun bertambah parah.

Karenanya langkah ketiga, lanjut Anwar, negara-negara anggota OKI yang lain agar dapat mengambil inisiatif untuk menyeret Benyamin Netanyahu ke Mahkamah Internasional.

“Negara-negara anggota OKI yang lain agar mengambil inisiatif untuk menyeret Benyamin Netanyahu ke mahkamah internasional untuk diadili sebagai penjahat perang dan penjahat kemanusiaan,” tandas Anwar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X