The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dalam 1 Tahun, Polri Terima 371 Laporan Pinjol, 91 Diantaranya Berhasil Diungkap
Ilustrasi pinjaman online. (Vietnam Investment)
News

Dalam 1 Tahun, Polri Terima 371 Laporan Pinjol, 91 Diantaranya Berhasil Diungkap

Jumat, 15 Oktober 2021 19:49 WIB 15 Oktober 2021, 19:49 WIB

INDOZONE.ID - Bareskrim Polri membeberkan data laporan kasus pinjaman online (pinjol) selama kurun waktu satu tahun. Sebanyak 371 laporan terkait pinjol sudah masuk ke polisi dan puluhan diantaranya sudah berhasil terungkap.

"Perlu saya infokan bahwa Bareskrim Polri dengan jajaran selama kurun waktu 2020 sampai dengan 2021 telah menerima laporan terkait pinjol sejumlah 371 laporan," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Helmy Santika kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Helmy menyebut dari 371 laporan, sebanyak 91 diantaranya berhasil diungkap oleh Polri. Ratusan kasus tersebut terjadi diseluruh Indonesia.

"Dari 371 laporan itu sebanyak 91 sudah terungkap dan ada yang sudah dalam tahap tahap persidangan ada sekitar delapan kasus. Selebihnya masih dalam perkembangan penyelidikan," beber Helmy.

Lebih jauh Helmy menyebut penanganan kasus pinjol berbeda dengan kasus lainnya. Sebab, kasus pinjol ditangani dengan hati-hati.

Baca juga: Oknum Ormas Hina Suku Betawi di Bekasi Berujung Dilaporkan ke Polda Metro

"Tentunya menjadi pertanyaan mengapa kok terkesan lambat? Perlu saya sampaikan bahwa finansial teknologi ini memiliki karakteristik tertentu sehingga pola penyidikannya pun harus dilakukan secara tepat dan benar," kata Helmy.

Sekedar informasi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajaranya untuk menindak tegas pelaku pinjol ilegal. Sebab, pinjol belakangan ini sudah meresahkan masyarakat.

Polda Metro Jaya pada Kamis, 14 Oktober 2021 siang menggerebek sebuah ruko pinjol di Green Lake City, Tangerang. Kantor tersebut bergerak dalam bidang penagihan pinjol.

Dalam penggerebekan ini, polisi sudah menetapkan tiga orang. Puluhan orang lainnya hanya diwajibkan melakukan wajib lapor.

Sedangkan Bareskrim Polri sendiri sudah menggerebek tujuh kasus pinjol di Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US