Ustaz Khalid Basalamah Minta Maaf Usai Sebut Wayang Haram

- Selasa, 15 Februari 2022 | 16:19 WIB
Ilustrasi wayang. ( ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Ilustrasi wayang. ( ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).

Ustaz Khalib Basalamah akhirnya buka suara soal pernyataannya dalam video viral yang menyebut bahwa wayang haram. Melalui video singkat yang diunggah Khalid dalam akun YouTube miliknya, ia pun meminta maaf terkait pernyataannya tersebut.

Dalam video tersebut, Khalib juga membeberkan bahwa pernyataan soal wayang haram tersebut ia utarakan kala diundang untuk berceramah di sebuah masjid di daerah Blok M beberapa tahun yang lalu.

“Video ini kami buat untuk klarifikasi sekaligus permohonan maaf tentunya atas potongan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu jemaah beberapa tahun lalu di Masjid Blok M di Jakarta dan sekaligus jawaban kami tentang masalah wayang," ucap Khalid pada akun YouTube miliknya bernama Basalamah Official, Selasa (15/2/2022).

“Pertama adalah lingkupnya adalah pengajian kami dan jawaban seorang dai muslim kepada penanya muslim. Itu dulu batasannya,” sambungnya.

Meski begitu dalam video tersebut, Khalid dengan tegas membantah jika dirinya mengatakan bahwa wayang haram. Dalam pernyataan tersebut, Khalib hanya berujar untuk menjadikan Islam sebagai tradisi, bukan sebaliknya.

“Saya pada ada saat ditanyakan masalah wayang, saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan,” jelas Khalib.

“Makna kata-kata ini juga kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam tiada masalah, dan kalau bentrok sama Islam ada baiknya ditinggalkan. Ini sebuah saran,” pungkasnya.

Baru-baru ini, wayang tengah menjadi perdebatan di media sosial setelah salah satu ustaz menyebutkan wayang itu haram. Perihal tersebut pun lantas menjadi polemik, dan mendapatkan berbagai respons dari kalangan masyarakat Tanah Air.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X