Isu Reshuffle Berhembus Kencang, Demokrat Tegaskan Tetap Berada di Luar Pemerintah

- Selasa, 20 April 2021 | 15:15 WIB
Ilustrasi Partai Demokrat (Instagram/@pdemokrat)
Ilustrasi Partai Demokrat (Instagram/@pdemokrat)

Wacana isu reshuffle di Kabinet Indonesia Maju semakin mencuat. Namun demikian Partai Demokrat akan tetap berada di luar pemerintahan meskipun perombakan kabinet semakin kencang.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, bahwa sesuai dengan arahan Ketum Partai yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pihaknya akan tetap berada di luar pemerintahan meskipun isu reshuffle mencuat.

“Sesuai dengan pernyataan Ketum kami, dengan berada di luar pemerintahan, Partai Demokrat bisa menjalankan peran sebagai pengawas dan penyeimbang terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin,” kata Herzaky, Selasa (20/4/2021).

Menurut Herzaky, Partai Demokrat sikapnya tetap berada di luar pemerintah agar tetap menjalankan peran untuk check and balance. Menurutnya itu penting, sehat untuk demokrasi.

“Demokrat menyadari, itulah peran yang harus diambil saat ini. Peran Partai Demokrat untuk berkoalisi dengan rakyat, memperjuangkan harapan dan aspirasi rakyat. Ketum kami pun mengaku menyelami betul posisi tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Alutsista Rudal C-705 yang Digunakan TNI AL untuk Hancurkan Kapal, Ternyata Buatan China

Selain itu, Herzaky menekankan bilamana reshuffle kabinet adalah hak prerogatif dari Presiden Jokowi dan bukan merupakan ranah dari Partai Politik.

“Saat ini, Partai Demokrat sesuai dengan arahan dan di bawah kepemimpinan AHY, sedang fokus melakukan kerja-kerja nyata untuk membantu rakyat yang terdampak bencana, seperti di Malang, NTT, NTB, serta membantu rakyat yang terdampak pandemi,” tukas Herzaky.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X