Sesuai Arahan Presiden, Menkes Minta 19 Juta Dosis Vaksin Segera Dihabiskan

- Jumat, 16 Juli 2021 | 18:00 WIB
Menteri Kesehatan RI. (photo/Twitter/@KemenkesRI)
Menteri Kesehatan RI. (photo/Twitter/@KemenkesRI)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh pemerintah daerah segera menghabiskan sisa stok vaksin Covid-19 yang berjumlah 19 juta dosis.

"Mengenai program vaksinasi yang ada di kami, ada 75 juta di seluruh daerah di Indonesia. Sampai pagi ini sudah disuntikkan 56 juta dosis untuk 40 juta orang yang suntik pertama, sisanya suntik kedua. Jadi, dari 75 juta itu tinggal sisa di stoknya ada sekitar 19 juta dosis," katanya saat menyampaikan keterangan secara virtual yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pemerintah Indonesia sudah menerima kedatangan bahan baku vaksin Covid-19 yang cukup. Selain itu, Indonesia juga akan kembali kedatangan 30 juta dosis vaksin tambahan pad akhri Agustus nanti.

"Arahan Bapak Presiden, untuk vaksinasi ini agar dipercepat dan beliau memahami bahwa stok itu ditahan di daerah-daerah sebagai cadangan suntik kedua sebanyak 19 juta dosis," katanya.

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo juga meminta agar segera stok yang tersedia segara dihabiskan karena nanti akan ada dosis vaksin baru yang datang.

Untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, kata Budi, peserta tidak diharuskan menjalani penyuntikan tepat di hari yang sudah dijadwalkan. "Selisih satu atau dua hari pun tidak apa-apa," katanya.

Budi juga menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh pemerintah daerah, TNI dan Polri segera memanfaatkan stok yang ada di daerah-daerah masing-masing sebesar 19 juta dosis agar segera disuntikkan kepada para penerima manfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X