The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tadinya Terbengkalai, Mal Ini Diubah Jadi Pusat Layanan Masyarakat
Mal Poncol di Pasuruan, Jawa Timur. (Galuh Elga/IDZ Creators)
News

Tadinya Terbengkalai, Mal Ini Diubah Jadi Pusat Layanan Masyarakat

Kamis, 23 Desember 2021 13:00 WIB 23 Desember 2021, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah bangunan megah di tengah Kota Pasuruan, Jawa Timur lama terbengkalai. Dulunya, bangunan ini adalah sebuah pusat perbelanjaan bernama Mal Poncol. Bangunan ini berlokasi di Jalan Wachid Hasyim, Kel. Kebonsari, Kec. Panggungrejo, Pasuruan.

Lokasinya yang strategis karena dekat dengan alun-alun, sempat menjadi tempat favorit warga Pasuruan untuk menghabiskan waktu luang.

Sayangnya, tahun 2015 mal satu-satunya di Pasuruan ini ditutup dan di biarkan enggak terurus. Akibatnya, banyak bagian dari gedung rusak dan tidak layak digunakan. Selama pandemi Covid-19, mal ini juga sempat dijadikan lokasi karantina bagi pasien Covid-19. 

Beberapa kali juga sempat digunakan sebagai lokasi pameran yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Namun, adanya kendala dalam pendingin ruangan membuat suasana Mal Poncol pengap dan panas.

Setelah kurang lebih tujuh tak terurus, mal ini akan dibuka kembali. Namun, kali ini bukan sebagai pusat perbelanjaan, tetapi sebagai tempat pelayanan publik dan sentra UMKM.

Mal Poncol, Pasuruan
Mal Poncol di Pasuruan, Jawa Timur. (Galuh Elga/IDZ Creators)

Bangunan Mal Poncol direnovasi total. Pada lantai dasar akan digunakan sebagai tempat pelayanan publik. Sementara pada lantai duanya difungsikan sebagai tempat pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Proses renovasi sudah mulai terlihat progresnya. Penggantian warna cat, perbaikan atap, dan tembok yang rusak serta penggantian jendela kaca bangunan telah dilakukan.

TAG
Yayan Supriyanto
Galuh Elga
Galuh Elga

Galuh Elga

Community Writer
JOIN US
JOIN US