Erick Thohir Beri Bukti, Infrastruktur Angkat Pertumbuhan Ekonomi

- Kamis, 5 Mei 2022 | 15:22 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai lonjakan logistik pemudik menjadi penanda perekonomian Indonesia mulai bangkit pascapandemi Covid-19. Sehingga lonjakan itu membuktikan pembangunan infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengangkat pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Erick dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakauheni, Lampung,  Rabu (4/5/2022). Erick datang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Ada data-data yang menarik, yang mana terbukti pembangunan infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa," kata Erick. 

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kata Erick, terjadi kenaikan signifikan dalam pergerakan angkutan Lebaran pada tahun ini. Jumlah truk logistik pada Lebaran 2022 periode H-10 hingga H-1 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang sebesar 10.477 unit. 

Baca juga: BTS Pamerkan Logo Album 'Proof' Terbaru, Bakal Berisi Tiga CD dari Berbagai Era!

"Ditambah lagi dengan kenaikan roda empat sampai 27 persen (dari 88.626 unit pada 2019 menjadi 112.139 unit pada 2022). Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat," ucap Erick.

-
Infografis Erick Thohir beri bukti infrastruktur angkat perekonomian. (Dok. KemenBUMN)

 

Erick sangat mendukung penuh rencana Kemenhub dan sesuai arahan Menko PMK  terkait rencana pemetaan ulang operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni ke depan. 

Menurut Erick, Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Kepolisian RI dan pemerintah daerah untuk menindaklanjuti arahan Menko PMK terkait operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Kementerian BUMN akan menggambarkan ulang bersama Polri dan pemda, apakah Merak ini akan tetap kita lakukan sebagai pelabuhan penyeberangan hanya mobil dan motor, apakah berikut logistic, tapi logistik dipindahkan ke titik lain. Hal ini jadi pertimbangan nanti kita hitung ulang supaya kita bisa meningkatkan kualitas untuk masyarakat," paparnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X