Ancam Pasar di Jakarta Jual Daging Anjing, Wagub DKI: Akan Ditindak Tegas

- Sabtu, 11 September 2021 | 12:57 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan pers usai mengecek Pasar Palmerah (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan pers usai mengecek Pasar Palmerah (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa pihaknya akan menindak tegas pasar di ibu kota yang menjual daging anjing. Meskipun, hingga kini ia belum mengetahui dengan pasti terkait temuan tersebut.

Oleh sebab itu, politisi Partai Gerindra tersebut mengaku masih menunggu informasi yang jelas dari PD Pasar Jaya selaku perusahaan BUMD pengelola pasar di Jakarta.

Baca Juga: Wagub DKI akan Tindak Tegas Penjual Daging Anjing di Pasar Senen

"Saya belum mendapat informasi dari pasar jaya, laporannya. Namun jika benar, ini akan ditindak tegas dan dan diberi sanksi sesuai ketentuan," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (11/9/2021).

Dengan demikian, Riza pun menyerahkan masalah ini kepada pihak Pasar Jaya untuk segera diselesaikan dengan melakukan pemeriksaan lebih jauh dan inspeksi mengenai temuan tersebut.

"Nanti biar Pasar jaya yang mengatur dan nanti ada aparat yang akan menyelidiki kasusnya. Karena ini melanggar UU perlindungan pangan dan konsumen," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, penjualan daging anjing di salah satu pasar PD Pasar Jaya DKI Jakarta diungkapkan oleh Animal Defenders Indonesia (ADI) berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan pada 7 September.

Dengan adanya temuan tersebut, Ketua Animal Defenders Indonesia, Doni Herdaru Tona melayangkan somasi kepada PD Pasar Jaya. Menurutnya, hal itu telah melanggar aturan perundang-undangan.

"Berbagai pelanggaran telah terjadi, antara lain UU Perlindungan Konsumen, UU Pangan, UU Peternakan, serta potensi pidana dari sindikat pencurian hewan peliharaan yang memasok anjing sebagai makanan," ucap Doni dalam keterangannya yang dikutip Jumat, (10/9/2021).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X