The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Puncak Gelombang Varian Omicron Diprediksi Februari, Pemerintah Diminta Siapkan Skenario
Tes usap acak di Stasiun Bekasi. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
News

Puncak Gelombang Varian Omicron Diprediksi Februari, Pemerintah Diminta Siapkan Skenario

Kasus harian Covid-19 terus meningkat

Kamis, 03 Februari 2022 13:19 WIB 03 Februari 2022, 13:19 WIB

INDOZONE.ID - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta pemerintah agar menyiapkan skenario dalam menghadapi kemungkinan terburuk menghadapi Covid-19 pasca kasus harian mengalami kenaikan. 

Sebelumnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak gelombang Omicron terjadi pada bulan Februari.

"Meminta pemerintah untuk siaga dalam menghadapi kemungkinan terburuk puncak kasus Covid-19 yang diprediksi terjadi pada bulan ini," kata Bamsoet kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Menurut Bamsoet, jika kasus Covid-19 terus mengalami kenaikan, maka pemerintah bisa saja mengambil sikap dengan mengambil kebijakan menarik rem darurat.

Rem darurat tersebut, kata Bamsoet, yakni melakukan pembatasan mobilitas masyarakat di seluruh sektor hingga mempertimbangkan opsi lockdown regional di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terus mengalami lonjakan.

Baca juga: 3 Lokasi Baru Street Race Belum Dibuka, Polda Metro: Tunggu Omicron Reda

"Mengingat, lockdown regional ini dinilai sebagai opsi paling riil yang bisa memutus rantai penularan Covid-19," bebernya.

Cek Kesiapan

Kemudian, lanjut dia, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 terus berkoordinasi dan melakukan monitoring serta pengecekan kesiapan dan ketersediaan fasilitas kesehatan, khususnya di setiap rumah sakit rujukan Covid-19.

Dikatakan Bamsoet pemerintah juga harus menyiapkan rumah sakit darurat Covid-19 hingga menambah relawan yang dikhususkan penanganan Covid-19. Selain itu memastikan ketersediaan obat-obatan dan alat pendukung medis lainnya.

"Hal ini sebagai upaya antisipasi dalam mencegah kolapsnya fasilitas kesehatan akibat terus meningkatnya kasus Covid-19 di tanah air," imbaunya.

Politisi Partai Golkar ini menyatakan upaya testing dan pelacakan perlu ditingkatkan dalam situasi sekarang.

"Guna mengetahui tingkat penyebaran dan penularan, disamping terus berupaya mengakselerasi vaksinasi Covid-19 mulai dari dosis pertama, kedua hingga dosis ketiga atau booster," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US