Pemda DKI Jakarta, Jabar, dan Banten, Diminta Patuhi Instruksi Jokowi Evaluasi PTM

- Kamis, 3 Februari 2022 | 08:26 WIB
Guru mengajarkan murid pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Guru mengajarkan murid pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mendukung sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan agar pembelajaran tatap muka (PTM) di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, dievaluasi. Menurut Rahmad, perintah Kepala Negara memiliki dasar yang kuat terhadap perkembangan Covid-19

"Apa yang disampaikan bapak Presiden sudah tepat terhadap keinginan beliau terutama tiga provinsi mengevaluasi pendidikan tatap muka," kata Rahmad kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Ia berharap pemerintah di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, segera mengikuti arahan Presiden Jokowi untuk mengevaluasi pelaksanaan PTM atau bahkan menutup sementara PTM.

"Saya kira jangan terlambat, jangan melakukan suatu retorika, jangan menunggu alasan rumah sakit tingkatnya lebih tinggi lagi, jangan. Tidak perlu beretorika. Tidak perlu kita bersilat lidah soal menunda dulu terhadap pendidikan tatap muka. Saat ini sudah mengkhawatirkan," katanya menegaskan.

Kata Rahmad, para ahli juga sudah merekomendasikan penundaan PTM, lantaran kasus harian Covid-19 di tanah air kembali naik. Oleh sebab itu, pemerintah daerah sebaiknya mengambil langkah dini sebelum terlambat.

"Kalau masih ngeyel gimana nih. Ahlinya, dokter sudah menyampaikan untuk dievaluasi kok masih berkomentar tidak akan bertindak cepat," ucap Rahmad.

Lebih jauh dia mengatakan, evaluasi pelaksanaan PTM tak hanya perlu dilakukan di tiga provinsi saja. Provinsi, kabupaten/kota lain juga perlu melakukan hal yang sama, jika terjadi kenaikan kasus signifikan.

"Terbukti di DKI Jakarta sudah banyak terjadi klaster sekolah. Kenapa tidak ditutup sementara?" kata Rahmad.

Sebelumnya Presiden Joko Widodod (Jokowi) meminta adanya evaluasi terhadap pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Hal ini dikatakan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (31/1/2022).

"Saya juga minta adanya evaluasi untuk pembelajaran tatap muka, utamanya di Jawa Barat, di DKI Jakarta, dan di Banten," kata Jokowi sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id, Selasa (1/2/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X