Punya Nilai Historis, Anggota DPR Minta Pemerintah Cari Solusi untuk Pertahankan Garuda

- Rabu, 10 November 2021 | 10:25 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. (Instagram/garuda.indonesia)
Pesawat Garuda Indonesia. (Instagram/garuda.indonesia)

Anggota DPR RI Mukhamad Misbakhun minta pemerintah untuk mencari solusi bagi keberlangsungan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

"Pemerintah harus mencari solusi, jangan sampai negara terus menyuntik dana ke maskapai kebanggaan nasional itu, tetapi hasilnya nihil," ujar Misbakhun, Selasa (9/11), mengutip Antara.

Alasan Misbakhun minta pemerintah untuk mencari solusi, karena Garuda Indonesia memiliki nilai historis, sehingga harus dipertahankan.

"Penting bagi negara memiliki simbol seperti itu," ujarnya.

Saat ini, pemerintah telah menggelontorkan triliunan rupiah melalui penyertaan modal negara (PMN) untuk Garuda Indonesia. Namun, kondisi maskapai "flag carrier" itu tak kunjung membaik.

"Garuda dapat dari PMN, sementara tidak memperbaiki situasi," ujarnya.

Misbakhun menilai persoalan di Garuda bukan hanya menyangkut suntikan dana.

"Pemegang sahamnya adalah Ibu (Menkeu, Red), ini kan bisnis modelnya harus diperbaiki, atau seperti apa," katanya.

Diketahui, Garuda Indonesia saat ini menanggung utang yang mencapai 7 miliar dolar AS atau di atas Rp100 triliun. Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam laporan terakhirnya membeber pemegang saham Garuda ialah pemerintah (65,4 persen), PT Trans Airways (28,27 persen), dan publik (11,19 persen).

Menkeu Sri Mulyani merencanakan dana suntikan untuk BUMN melalui PMN pada 2022 mencapai Rp35,5 triliun. Namun, dalam daftar BUMN penerima PMN itu, tak ada nama Garuda Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X