PKS: Ulama Memang Punya Tugas untuk Ingatkan Pemerintah

- Minggu, 12 Desember 2021 | 14:18 WIB
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (photo/pks.id)
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (photo/pks.id)

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan ulama memang punya tugas untuk mengingatkan pemerintah. Hal ini dikatakannya menanggapi pernyataan Wakil Ketua Utama Majelis Ulama Indonesia (Waketum MUI) Anwar Abbas yang mengaku diingatkan Presiden Jokowi jangan berbicara keras-keras.

"Ulama memang punya tugas mengingatkan penguasa. Agar amanah dan selamat dunia akhirat. Tentu semua mesti disampaikan dengan lembut. Tegas isinya, lembut bahasanya," katanya kepada wartawan, Sabtu (11/12/2021) malam.

Menurut Mardani, Anwar Abbas sudah menjalankan tugasnya dan itu tidak salah. Apalagi Presiden Jokowi menerima masukan dengan baik.

"Buya Anwar Abbas sudah melakukan tugasnya. Dan saya melihat Pak Jokowi menerima masukan dengan baik," jelas dia.

Mardani menambahkan, pemerintah harus terbuka dengan kritik. Terlebih, kata Mardani, kritikan dari para ulama.

"Terbuka dan lapang dada. Apalagi kritik dari para ulama yang ikhlas dan berilmu.

Sebelumnya, Anwar Abbas mengungkap bahwa dirinya diingatkan oleh Jokowi jangan berbicara terlalu keras. Namun Anwar Abbas meyakini bahwa Jokowi adalah orang yang kebal terhadap kritik.

"Tadi saya diingatkan Pak Jokowi, 'Pak Anwar Abbas, ngomong-nya jangan keras-keras, Pak'. Apalagi tadi ketika bertemu dengan Menteri Agama, ya berapa teman langsung mengambil momen gitu kan. Saya rasa Pak Presiden sama Pak Menteri Agama adalah orang yang sudah kebal ya, bagi beliau kritik itu...," kata Anwar Abbas dalam sambutannya di acara Kongres Ekonomi Umat Islam II melalui siaran YouTube MUI, seperti dilihat Jumat (10/21).

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X