Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka! Ini Syarat, Cara Daftar, dan Tips Lolosnya

- Selasa, 17 Mei 2022 | 11:19 WIB
Ilustrasi kartu prakerja (id.wikipedia.org)
Ilustrasi kartu prakerja (id.wikipedia.org)

Melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemekeu), sebuah program kartu Prakerja diciptakan. Program kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja bagi pencari kerja, pekerja/buruh, yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. 

Kartu prakerja ini bisa didapatkan dengan cara mendaftar pada laman resminya. Pendaftarannya pun dibuka per gelombang pada tiap periodenya. Saat ini, gelombang 29 kartu prakerja telah dibuka

"Yang belum rejeki di Gelombang 28, mari coba lagi di gelombang 29! Sekarang merapat ke Dashboard dan segera KLIK GABUNG GELOMBANG ya!"

Pernyataan tersebut dikutip dari pengumuman yang diberikan di Instagram resmi @prakerja.go.id, senin (16/5/2022). Begini syarat, cara daftar, dan tips lolos kartu prakerja yang bisa kamu ikuti. Jangan sampai ketinggalan! 

Syarat Daftar Kartu Prakerja 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Untuk bisa mendapatkan kartu prakerja, kamu perlu memenuhi syarat kartu prakerja berikut ini, dilansir dari laman resmi situs prakerja.go.id.

  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang ingin meningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial selama pandemi COVID-19.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK), yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja 

-
Ilustrasi cara daftar kartu Prakerja (dashboard.prakerja.go.id)

Setelah semua persyaratan terpenuhi, kamu bisa langsung mendaftar dengan mengikuti cara daftar kartu Prakerja gelombang 29 di bawah ini.

  1. Masuk ke situs resmi prakerja.go.id.
  2. Login menggunakan email dan password.
  3. Masukan KK dan NIK serta tanggal lahir.
  4. Klik tulisan ‘berikutnya’, lalu isi form data diri.
  5. Unggah foto KTP, lalu klik ‘berikutnya’, lalu isi nomor telepon dan kode OTP yang dikirim via SMS oleh pihak Program Kartu Prakerja.
  6. Isi tes motivasi sekitar 60 detik atau satu menit.
  7. Setelah tes selesai, tunggu email notifikasi.
  8. Jika sudah dapat email, buka situs prakerja.go.id, lalu klik ‘gabung ke gelombang 29’.
  9. Klik ‘Saya Setuju’ setelah muncul ‘Perjanjian Prakerja’.
  10. Registrasi selesai.

Setelah proses registrasi selesai, tunggu notifikasi lolos melalui email atau SMS. Biasanya, pengumanan kelolosan ini diumumkan saat pendaftaran ditutup. 

Tips Agar Lolos Kartu Prakerja 

-
kartu Prakerja (2022.co.id)

Agar lolos kartu Prakrerja, kamu bisa mengikut beberapa tips. Pertama, tentunya kamu perlu memenuhi syarat daftar kartu prakerja, seperti yang disebutkan sebelumnya. 

Kedua, pastikan menggunakan email dan nomor handphone yang aktif saat mendaftar agar saat verifikasi akun dan waktu pemberitahuan kelolosan perserta, kamu bisa menerima notifikasinya. 

Ketiga, tak hanya email dan nomor handphone yang harus pasti. Kamu juga perlu memastikan data yang kamu masukkan sesuai dengan yang terdaftar di Dukcapil. Hal ini menghindari adanya kesalahan data yang membuat kamu harus merubahnya kembali. 

Keempat, perhatikan saat ingin mengupload foto KTP. Upload foto KTP secara jelas dan sesuai ketentuan. Jika ter-upload dengan benar dan berkas sudah sesuai, kesempatan untuk lolos dalam program kartu Prakerja akan lebih besar. 

Kelima, Saat verifikasi foto wajah menggunakan, lakukan swafoto dengan kamera hanphone. Pastikan wajah kamu terlihat dengan jelas dan pencahayaan cukup. Selain itu, pastikan wajah terlihat 80 persen di frame foto atau close-up. 

Tak hanya itu, kamu juga perlu melepas aksesoris seperti topi atau kacamata yang menutupi wajah. Foto yang diambil juga tidak disertai dengan KTP. Izinkan akses lokasi juga dengan menekan tombol allow saat notifikasi muncul. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X