Mantap Jiwa! RI Jadi Negara Pertama yang Akan Tetapkan 'Harga' Lagu
Ilustrasi. (Pixabay/Steve Buissinne)
News

Mantap Jiwa! RI Jadi Negara Pertama yang Akan Tetapkan 'Harga' Lagu

Jumat, 22 November 2019 11:46 WIB 22 November 2019, 11:46 WIB

INDOZONE.ID - Sudah dua tahun, pemerintah pusat melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) waktu itu, yang saat ini bergabung dengan Kementerian Pariwisata menggodok program Portamento.

Program ini dielu-elukan menjadi sebuah platform big data yang diklaim dapat memecahkan masalah informasi industri musik nasional, termasuk di dalamnya adalah hak cipta, hak kekayaan intelektual karya, pengurusan pajak, manajemen monetisasi karya musik serta hal-hal lainnya.

Jika soal patokan nilai royalti sudah ada lembaga yang mengatur, maka dalam portamento ini lebih detail hingga ada satu poin yang rupanya baru diajukan di Indonesia.

Menurut Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), Irfan Samsons dalam portamento justu semuanya akan sangat detail. Salah satunya adalah valuasi sebuah karya.

Ia mencontohkan, jika Glenn Fredly yang terkenal dengan lagu 'Januari' yang hits tentu nilai lagu itu akan jauh lebih mahal dibanding dengan lagu lainnya yang tak populer.

"Konsep valuasi atas hak cipta ini kita bahas juga dalam portamento. Sampai sekarang kita itukan enggak pernah bisa mengukur, berapa sih harga lagu Januari milik Glenn yang populer," ujarnya saat dihubungi Indozone, Jumat (22/11).

Sama halnya properti, ia menilai angka yang diberikan pada setiap hak cipta juga berbeda-beda. Kenapa konsep ini digagas, lanjut Irfan adalah, ketika hak cipta ini dibawa keranah perbankan maka pihak bank tidak bisa menghitung appraisal sebuah karya tersebut.

"Kaya properti sajalah, rumah di Pondok Indah sama rumah di Bekasi jelas harganya bedakan. Nah nanti valuasi hak cipta juga akan seperti itu," katanya.

Tambahnya, karena ini akan berhubungan dengan jelas, sebuah data juga menjadi kunci, sederhananya  dalam portamento akan menyimpan Nomor KTP, No. NPWP, e-Copyrights dan Interested Parties Information (IPI) Code, yaitu suatu kode identifikasi internasional yang tercipta unik untuk mengidentifikasi pemegang hak cipta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU