Noompang, Aplikasi Untuk Cari Tebengan Bagi Pemudik Jarak Dekat

- Senin, 20 Mei 2019 | 10:21 WIB
ANTARA News
ANTARA News

Ada aplikasi yang bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mudik dengan perjalanan jarak dekat, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Noompang. Aplikasi tersebut bisa digunakan bagi kamu untuk mencari tumpangan untuk melakukan perjalanan jarak dekat, misalnya dari Jakarta ke Bandung atau ke wilayah masih di seputaran Jabodetabek.

Jadi, Noompang akan memanfaatkan bangku kosong yang berada di mobil untuk dapat berbagi tumpangan ke orang lain yang melakukan perjalanan dengan tujuan yang sama namun dalam jarak yang dekat.

"Kami berinisiatif membangun aplikasi ini karena awalnya sering pergi dan pulang Jakarta dan Bandung saat kuliah. Ternyata yang seperti ini banyak, jika satu tujuan semestinya bisa lebih praktis dan hemat jika berbagi tumpangan," kata inisator dan CEO Noompang, Mirsa Sadikin, melansir ANTARA.

"Bisa juga jadi solusi, misalnya mudik ke Bandung bersama pengguna lain yang searah," kata dia.

Aplikasi ini dibangun oleh Mirsa dan kedua temannya pada tahun 2018. Awalnya, aplikasi Noompang hanya target ke pada mahasiswa yang rutin pulang Jakarta - Bandung.

Namun, seiring berjalannya waktu. Penggunan aplikasi Noompang dimanfaatkan oleh kalangan pekerja yang memiliki perjalanan rutin Jakarta - Bandung.

"Awalnya segmen kami adalah mahasiswa, ternyata jadwal yang rutin adalah kalangan pekerja. Mereka banyak yang numpang dan memberi tumpangan," katanya. "Jadi saat ini segmen kami adalah pekerja dengan jam kerja rutin."

Harga tumpangan pun relatif terjangkau. Misalnya, untuk tumpangan dari Jakarta ke Bandung, kata Mirsa, hanya memakan biaya Rp50 ribu - Rp70 ribu. Sedangkan untuk tebengan dalam kota hanya Rp10 ribu - Rp20 ribu. Harga tersebut bergantung dengan jarak tempuh.

"Tidak lelah nyetir, lebih hemat, bisa sharing juga," kata dia.

Aplikasi ini hanya merekomendasi harga. Namun untuk informasi lebih rinci, misalnya ketersediaan kursi, penawaran harga, dan sebagainya itu bisa dibicarakan dengan pengemudi.

"Bisa lebih murah, bisa kasih lebih, terserah mereka," kata dia.

Noompang tidak menjadikan penggunanya seperti pengemudi taksi online, namun aplikasi ini menjadi sambilan saat melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk dapat berbagi tumpangan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X