Kenang Suami, Istri Sebut Mendiang Tjahjo Kumolo Sering Dengar Ayat Quran Sebelum Tidur

- Jumat, 1 Juli 2022 | 20:59 WIB
Anggota militer membawa foto Menpan RB Tjahjo Kumolo saat proses pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Anggota militer membawa foto Menpan RB Tjahjo Kumolo saat proses pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Erni Guntarti, istri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, mengungkap kebiasaan mendiang suaminya beberapa bulan terakhir, sebelum meninggal dunia. Tjahjo disebut kerap mendengar lantunan ayat suci al-quran saat hendak tidur.

"Beberapa bulan Bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci yang biasanya enggak begitu, itu sudah sebulan pas mau tidur sampai tertidur sampai pagi. Kebiasaan baru Bapak maksud saya," kata Erni kepada wartawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Tak hanya mendengarkan alunan ayat suci al-quran, Erni menyebut suaminya juga memiliki kebiasaan melaksanakan shalat Tahajud. 

Baca JugaPemprov DKI Jakarta Gelar Salat Idul Adha 2022 di JIS, Kapasitasnya 30 Ribu Orang

Selain itu, Erni juga mengenang sosok suaminya itu semasa hidup. Rupanya keduanya sudah kenal sejak lama sehingga banyak kenangan di antara mereka. Erni mengaku dirinya dan Tjahjo merupakan teman sejak masa remaja.

"Saya dengan Bapak sudah kenal lama sekali soalnya kami teman sejak sekolah, sejak SMA, kuliah dan bersama dan sudah dekat sekali, sudah lama kenal," beber Erni.

Selama menikah, Erni merasa tidak terkekang karena Tjahjo membebaskannya dalam hal aktivitas. Tjahjo juga tidak mewajibkan istrinya selalu berada di rumah.

"Bapak sih selalu mendukung apapun yang saya kerjakan jadi nggak harus di rumah," kata Erni.

Menpan RB Tjahjo Kumolo tutup usia pada siang hari ini, Jumat (1/7/2022) di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Jenazah Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka untuk dimandikan kemudian dishalatkan di masjid Kemenpan-RB dan dimakamkan di TMP Kalibata secara militer.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X