Kesaksian WNI Ungkap Penyebab Penumpukan Massa Tragedi Itaewon Tewaskan Ratusan Orang!

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 11:15 WIB
Suasana mencekam Tragedi Itaewon. (Z Creators/M.Ansori)
Suasana mencekam Tragedi Itaewon. (Z Creators/M.Ansori)

Tragedi Itaewon, Seoul, Korea Selatan, menyisakan duka mendalam. Data terbaru sebanyak 149 orang tewas karena berdesak-desakan saat pesta Hallowen, Sabtu (19/10/2022) malam waktu setempat. 

M. Ansori, Z Creators yang kebetulan menghadiri Hallowen di Itaewon memberikan kesaksian atas tragedi mematikan tersebut. Menurutnya, ada beberapa penyebab penumpukan massa. 

“Jadi di Itaewon ada stasiun bawah tanah dengan enam pintu keluar. Cuma orang banyak memilih keluar di pintu 1. Akibatnya terjadi penumpukan di pintu keluar tersebut tepat di depan Hotel Hamilton,” ujar Ansori. 

-
Suasana mencekam Tragedi Itaewon. (Z Creators/M.Ansori)

Peristiwa memilukan terjadi sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Kejadian berdesak-desakan sudah terlihat di dalam stasiun kereta bawah tanah menuju pintu keluar 1 yang langsung menuju jalan utama. 

“Saya sampai di Itaewon jam 23.00 malam. Begitu sampai sudah ada ambulans mondar-mandir. Terus lihat bapak-bapak ngejar anak atau istrinya. Suasananya crowded banget,” tambah Ansori. 

-
Suasana mencekam Tragedi Itaewon. (Z Creators/M.Ansori)

Sebenarnya antisipasi kerumunan telah dilakukan pihak keamanan Seoul. Polisi, pemadam kebakaran, dokter, dan tenaga medis sudah terlihat. Hanya saja membludaknya pengunjung membuat petugas kewalahan. 

“Polisi sampai ada yang teriak-teriak di atas mobil box nyuruh jalan-jalan jangan stuck. Kebetulan aku di sisi kanan jalan. Nah kejadiannya itu di sisi kiri atau seberang posisiku. Jadi saya lihat semuanya,” imbuhnya.

Pesta Halloween ini merupakan yang pertama kalinya digelar dalam 3 tahun terakhir setelah adanya pandemi Covid-19. Selain korban tewas, banyak pengunjung yang mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X