Bener Enggak Sih BBM Subsidi Naik Awal September Ini? Ini Jawabannya!

- Kamis, 1 September 2022 | 13:03 WIB
Suasana di pengisian BBM. (Z Creators/Tri Endang Suprihatini)
Suasana di pengisian BBM. (Z Creators/Tri Endang Suprihatini)

Menteri ESDM Arifin Tasrif, buka suara menanggapi harga BBM subsidi yang sebelumnya diprediksi akan mengalami kenaikan pada September 2022 ini. Bukannya memberikan kejelasan mengenai kabar kenaikan tersebut, Arifin justru mengajak masyarakat hemat energi. 

"Sekarang harga minyak dunia itu masih USD 100 per barel. Beban pemerintah itu masih tinggi untuk BBM bersubsidi. Jadi kita menghimbau agar masyarakat hemat-hemat energi dulu nih,” ujar Arifin Tasrif, Menteri ESDM di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (1/9/2022).

-
Suasana di pengisian BBM. (Z Creators/Tri Endang Suprihatini)

Arifin juga meminta masyarakat untuk ikut serta menggunakan kendaraan berteknologi listrik. Selain itu juga ikut menggunakan dan mengembangkan energi terbarukan yang sumbernya ada di Indonesia.

"Kita harus bisa rebut teknologi, ciptakan teknologi sendiri, ciptakan industri, supaya bisa mensejahterakan seluruh masyarakat,” tambahnya. 

-
Menteri ESDM bersama Dirut Pertamina. (Tri Endang Suprihatini/Z Creators)

Pertamina saat ini baru saja mengumkan jika harga BBM non subsidi justru mengalami penurunan per 1 September 2022 ini. Penyesuaian harga ini didasari Keputusan Menteri ESDM No. 62 K/12/MEM/2020.

-
Suasana di pengisian BBM. (Z Creators/Tri Endang Suprihatini)

Dalam keputusan tersebut, harga BBM jenis Pertalite dan Pertamax masih belum berubah. Dimana Pertalite masih Rp7.650 per liter dan Pertamax Rp12.500 per liter.

Untuk Pertamax Turbo yang sebelumnya Rp17.900 per liter turun menjadi Rp15.900 per liter untuk wilayah Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. 

-
Suasana di pengisian BBM. (Z Creators/Tri Endang Suprihatini)

Untuk daerah lain berkisar antara Rp16.250-Rp16.600 per liter. Sementara untuk Dexlite, harganya turun menjadi Rp17.100 per liter dari sebelumnya Rp17.800 per liter, untuk Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, Bali, NTB, NTT. Sementara daerah lain berkisar antara Rp17.450-Rp17.800 per liter.

Sementara di Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT, harga Pertamina Dex juga turun menjadi Rp17.400 per liter dari yang sebelumnya Rp18.900 per liter. Untuk daerah lain berkisar antara Rp17.750-Rp. 18.100 per liter.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X