UGM Naik 71 Peringkat Sebagai Universitas Terbaik Dunia

- Rabu, 19 Juni 2019 | 21:54 WIB
(photo/Instagram/ugm.yogyakarta)
(photo/Instagram/ugm.yogyakarta)

Universitas Gajah Mada menduduki posisi ke-320 Universitas terbaik di dunia, atau naik 71 peringkat. Peringkat tersebut diberikan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking.

"Upaya-upaya perbaikan proses yang dilakukan UGM terbukti mampu meningkatkan posisi UGM, menaikkan 71 peringkat dari tahun sebelumnya," kata Rektor UGM Panut Mulyono dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu, melansir Antara.

Hasil pemeringkatan QS World University Ranking itu otomatis menempatkan UGM menjadi Universitas nomor 1 di Indonesia di bidang akademik.

Panut mengatakan, UGM akan terus melakukan perbaikan dan proses serta sistem akademik agar visi dan misi yang dijalani sejak UGM beridiri semakin diakui. Bahkan menjadi rujukan dan acuan perubahan serta memimpin di dunia internasional.

Pemeringkatan oleh lembaga-lembaga pemeringkat dunia, imbuhnya, bukan menjadi tujuan yang dikejar oleh UGM.

Meski demikian, menurut dia, peringkat universitas menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mendongkrak kepercayaan dunia internasional terhadap UGM.

"Tantangan bagi UGM untuk mewujudkan kepemimpinan dalam berbagai bidang semakin berat. Upaya-upaya strategis yang sifatnya jangka panjang harus dapat digeser menjadi strategi pencapaian jangka pendek dan menengah," kata Rektor.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X