8 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Tubuh
Pixabay

8 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Tubuh

indozone
Rizka Jumat, 14 Juni 2019 17:24 WIB 14 Juni 2019, 17:24 WIB

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk masakan, ternyata bawang merah memiliki banyak kandungan nutrisi. Mulai dari serat, zat besi, protein, kalsium, dan lainnya. Justru lebih bagus lagi jika mengonsumsi bawang merah saat masih mentah. Ketika sudah dimasak, vitamin dan nutrisinya akan berkurang.

Pixabay
Pixabay

Dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat bawang merah yang dirangkum Indozone.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kandungan flavonoid pada bawang merah dapat melawan peradangan, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Sebuah studi menyebutkan bahwa zat quertecin dalam bawang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang merah bisa bantu mencegah penumpukan plak di arteri.

2. Mencegah Kanker
Diketahui, bawang merah sangat efektif menghancurkan sel-sel kanker payudara dan usus besar. Sebab, dalam kandungannya terdapat tingkat quercetin dan anthocyanin yang tinggi. Dua senyawa ini bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Pixabay
Pixabay

3. Menurunkan Kadar Gula Darah
Terdapat senyawa belerang dan quertecin pada bawang merah. Dua senyawa itu dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah pada manusia. Studi menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 memiliki enzim hati normal dan kadar glikemik rendah.

4. Meningkatkan Imunitas
Kandungan vitamin C dalam bawang merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, polifenol dalam bawang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Pixabay
Pixabay

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Bawang merah mengandung sejenis serat larut yang disebut oligofructose. Serat ini baik untuk usus manusia. Jika mengonsumsi bawang secara rutin, maka akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh. Sehingga akan membuat sistem pencernaan lebih sehat, mencegah diare, dan sembelit.

6. Menguatkan Tulang
Studi menunjukkan bahwa bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang pada perempuan yang sudah menopause. Sebab, perempuan menopause memiliki risiko patah tulang pinggul lebih tinggi. Oleh karena itu, konsumsi bawang merah dapat mengurangi risiko itu sebanyak 20 persen.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak
Kandungan folat merupakan salah satu dari delapan vitamin B yang ada dalam bawang merah. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh manusia. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak, menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

8. Melindungi Mata
Belerang pada bawang merah dapat meningkatkan kesehatan mata dengan merangsang produksi protein bernama glutathione sebagai antioksidan. Ini dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi makula. Studi menunjukkan bahwa jus bawang bisa menyembuhkan konjungtivitas dan blepharitis.

    Indozone Media

    Rizka

    Editor