Harbolnas, Perhatikan Kembali Keamanan Saat Bertransaksi Online

- Senin, 11 November 2019 | 10:37 WIB
Ilustrasi belanja online (Pexels/bruce mars)
Ilustrasi belanja online (Pexels/bruce mars)

Rupiah Senin pagi dikabarkan bergerak melemah 26 poin atau 0,18 persen menjadi Rp 14.040 per dolar AS dan menjadi kabar kurang mengenakan pagi ini. 

Kabar berbeda yang membuat pegiat belanja online tersenyum hadir juga Senin pagi ini, Harbolnas yang rutin diadakan tiap tahun di tanggal 11.11 kembali menyapa kalian semua. 

Sudah menyiapkan wishlist untuk hari ini? 

Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) merupakan hari di mana bajir promo, diskon, cashback, flash sale dengan harga yang sangat miring. Dengan harga miring masih dikenakan gratis ongkir pula, bahagia banget kan?

Sejumlah e-commerce seperti Shopee, BliBli, Tokopedia, Lazada, JD.ID, dan e-commerce lainnya berlomba-lomba menghadirkan diskon fantastis bagi kamu yang akan menghabiskan dana hari ini. 

Tetapi, saat akan berbelanja harbolnas, hati-hati terhadap serangan spam dan phising ya. 

Kenali yuk, tips aman belanja online pada saat harbolnas, mengutip dari Kaspersky

  1. Jika kamu menerima tautan mengenai penawaran yang menggiurkan melalui email, pastikan untuk memeriksa hyperlink yang tertanam, bisa jadi harga yang tertera berbeda, lho. 
  2. Lakukan pembelian hanya melalui pasar resmi dan perhatikan alamat web, jika kamu diarahkan melalui landing page lain, segera tutup. 
  3. Gunakan solusi keamanan dengan teknologi anti phising berbasis perilaku. 
  4. Jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs web atau layanan, karena jika ada yang menjebol, semua akun kamu akan menjadi rentan. 
  5. Perhatikan barang yang akan kamu beli, karena bisa jadi barang yang tidak kamu perlukan ikut masuk ke dalam keranjang belanja online-mu, lho. 

Hati-hati dalam berbelanja ya, keamanan saat bertransaksi online sangat diperlukan nih. Jangan lupa juga tetap simpan barang bukti pembayaran sampai barang yang kamu pesan sudah berada di tangan. 

Sementara itu, secara umum, kategori barang paling diminati di e-commerce di Indonesia sebagian besar berpusat pada fesyen wanita, produk elektronik, dan gadget. Produk kecantikan dan susu anak juga mempunyai pangsa pasar yang cukup besar saat harbolnas digelar nih. 

Selamat berbelanja, Sahabat Indozone. Yuk naikkan kembali nilai rupiah hari ini!

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X