Pemerintah Dorong Masyarakat Lakukan Literasi Digital

- Kamis, 21 November 2019 | 08:31 WIB
Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Widodo Muktiyo. (Indozone/Sigit Nugroho)
Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Widodo Muktiyo. (Indozone/Sigit Nugroho)

Pemerintah mendorong masyarakat untuk meningkatkan literasi digital dan memanfaatkannya dalam berbagai kebutuhan. Pasalnya, dengan teknologi yang terus berkembang, teknologi digital bisa dijadikan alat untuk membantu masyarakat melakukan lompatan atau terobosan dibidang apapun, termasuk perekonomian. 

"Ini penting karena teknologi digital yang diinisiasi oleh Kominfo, itu untuk adanya lompatan pendapatan, lompatan peluang kerja dan sudah saatnya Indonesia menempuh program digitalisasi," ujar Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Widodo Muktiyo kepada Indozone, Rabu (20/11). 

Widodo menyebutkan, proyek Palapa Ring yang diinisiasi oleh pemerintah, bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan antara Indonesia Barat, Tengah dan Timur. Tak hanya dari sisi perekonomian saja, melainkan juga dari sisi ilmu pengetahuan, transparansi kebijakan, hingga keperluan lainnya untuk membuat Indonesia lebih maju. 

"Kita ini kan sekarang serba 'e' ya,  e-government sampai semuanya. Apalagi di government itu hampir semua kepentingan pelayanan publik itu dengan 'e' ya. Itu supaya merata kita mempunyai program Palapa Ring. Jadi nanti diharapkan seluruh Indonesia punya aksesibilitas terhadap teknologi," tuturnya. 

Disisi lain dalam meluncurkan sebuah kebijakan, pemerintah saat ini juga sangat terbantu dengan adanya teknologi digital. Pemerintah, kata Widodo, bisa meneliti perilaku masyarakat melalui media sosial, hingga dari hal-hal apa saja yang kaitannya secara digital. 

"Kajian-kajian sosial ekonomi dan alam digital ini menjadi suatu hal yang penting. Komprehensif kajian ini akan menentukan policy di masa datang. Sejauh mana dengan adanya infrastruktur yang sudah terbangun ini, kemudian diikuti dengan sosialisasi nilai-nilai baru terhadap digital," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X