Demi Kemanusiaan, Polri Minta Masyarakat Tak Menolak Jenazah Corona

- Jumat, 3 April 2020 | 10:27 WIB
Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Kamis (2/4/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Kamis (2/4/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Mabes Polri berharap kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar mengedepankan sikap toleransi antar sesama masyarakat terkait pemakaman jenazah yang terinfeksi virus corona atau Covid-19. Polri berharap tidak ada masyarakat yang menolak jenazah pasien corona untuk dimakamkan diwilayahnya.

"Diharapkan ke depan, sebagai bangsa Indonesia yang memiliki sikap toleransi dan  gotong royong penting untuk mengedepankan rasa kemanusiaan dan rasa empati sehingga nantinya tidak ada lagi penolakan pemakaman jenazah korban yang meninggal akibat virus corona," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adisaputra saat dikonfirmasi, Jumat (3/4/2020).

Asep tidak menjelaskan lebih detail apakah polisi bisa memberikan tindakan tegas kepada masyarakat yang menolak jenazah itu atau tidak. Dia hanya memberikan harapannya agar masyarakat di seluruh wilayah Indonesia mengedepankan sikap toleransi.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan jajaran TNI dan seluruh pemerintah daerah untuk mengedukasi masyarakat. Polri juga dikatakannya menggandeng institusi kesehatan untuk mengedukasi masyarakat terkait jenazah yang meninggal akibat wabah virus ini.

"Dalam hal ini Polri bekerjasama dengan jajaran TNI dan pemerintah daerah yang diaplikasikan di lapangan oleh para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan lurah telah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan dengan korban virus corona yang meninggal dunia. Polri juga menggandeng instansi terkait seperti kesehatan," papar Asep.

Seperti diketahui, beberapa kasus sudah terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Banyak warga yang menolak jenazah yang meninggal akibat virus corona untuk dimakamkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X