Pemprov DKI Jakarta Minta Pasar Jaya Genjot Persediaan Masker

- Rabu, 1 April 2020 | 14:12 WIB
Pejalan kaki menggunakan masker melintasi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.(ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Pejalan kaki menggunakan masker melintasi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.(ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Pemerintah Provinsi (Pemporv) DKI Jakarta terus bekerja guna mempersiapkan kebutuhan masyarakatnya dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19). Salah satunya ialah menyediakan pasokan masker yang kini langka di Jakarta.

"Mengenai ketersediaan (masker) kita akan genjot terus melalui Pasar Jaya, sehingga bisa memenuhi kebutuhan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Balai Kota Jakarta, Selasa 31 Maret 2020.

Anies mengungkapkan, ke depan memang Pemprov DKI Jakarta sedang mengusahakan dan menyiapkan masker bagi warganya. Pihaknya ingin warga mendapatkan masker secara gratis dan dapat digunakan guna mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Penggunaan masker merupakan salah satu bagian dari mencegah penularan Covid-19, selain menerapkan physical distancing, sering menjadi mencuci tangan, dan pola lainnya.

"Kita sedang menyiapkan untuk bisa memenuhi kebutuhan masker di Jakarta. Lewat jalur kelurahan, kita ingin masyarakat lebih banyak menggunakan masker dan kita akan bagikan cuma-cuma lewat jalur kelurahan, RT/RW," ujarnya.

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo. (ANTARA/Dewanto Samodro)

 

 

"Ini kita sedang siapkan, begitu siap kita distribusikan," tambahnya.

Di samping itu, Anies memastikan bahwa kebutuhan pokok di wilayahnya selama masa pandemi virus corona (Covid-19) aman atau tersedia.

"Aman. Jadi kebutuhan bahan pokok di Jakarta, Alhamdulillah aman. Kita siap meskipun tidak ada pasokan sekalipun misalnya itu bisa terjamin sampai dua bulan ke depan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya terus mempersiapkan dan menjalankan upaya memasok kebutuhan pokok di DKI. Selain itu, rantai distribusi tidak mengalami kendela apa pun dan Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng aparat unsur TNI-Polri untuk mengamankan persediaan kebutuhan pokok tersebut.

"Jadi Alhamdulillah pasokan jalan terus, tidak ada kendala dalam distribusi dan jalur-jalur untuk distribusi diamankan bersama-sama kepolisian dan TNI. Sehingga tidak ada gangguan untuk pasokan ke Jakarta," ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam menyiapkan persediaan kebutuhan pokok ini, Pemprov DKI Jakarta melalui Perusaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya juga akan memastikan Cipinang Food Station bahwa kebutuhan pokok masyarakat Jakarta distribusinya aman. 

Namun, Gubernur DKI Jakarta ini tidak menyebutkan berapa banyak stok kebutuhan pokok yang masih tersedia hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X