The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dampak Covid-19, Anies: Kini Sudah Terasa Krisis Ekonomi
Gubernus DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Youtube/Pemprov DKI Jakarta)
News

Dampak Covid-19, Anies: Kini Sudah Terasa Krisis Ekonomi

Meski kasus landai namun belum selesai.

Senin, 01 Juni 2020 14:19 WIB 01 Juni 2020, 14:19 WIB

INDOZONE.ID - Dampak dari pandemi virus corona (Covid-19) ini memang berimbas pada segala aspek khususnya ekonomi. Hal tersebut kini dihadapi seluruh negara dan daerah tidak terkecuali Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sejak wabah Covid-19 melanda Ibu Kota, perlahan dampaknya mulai dirasakan. Dan pada Mei, dampak ekonominya sudah nyata.


"Semula ini adalah krisis kesehatan umum, kini sudah mulai terasa sebagai krisis ekonomi," kata Anies melalui video yang diunggah di akun YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta, Senin (1/6/2020).

"Jakarta adalah epinsenter pertama dan di awal-awal mayoritas kasus adalah di Jakarta," tambahnya.

Lanjut Anies, saat ini memang Jakarta menunjukkan tanda-tandanya mulai melandai tapi masalah belum selesai. Dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi virus corona ini berdampak nyata bagi Jakarta. 

"Kegiatan keagamaan terhenti, kegiatan sosial terhenti, kegiatan budaya terhenti, dan tentunya kegiatan perekonomian juga terhenti," ungkapnya.

"Pasar terganggu, perdagangan terganggu, perindustrian terganggu, kegiatan perekonomian informal juga banyak yang terhenti. Dan kita di Pemprov DKI Jakarta juga terkena dampak langsung," sambungnya.

Pendapatan pajak turun dari Rp 50,17 triliun menjadi Rp 22,5 triiiun, tinggal 45%.  Anggaran Pemprov DKI Jakarta juga turun dari Rp 87,9 triliun menjadi Rp 47,2 triliun, tinggal 53%.

"Belum perrnah di dalam sejarah Pemprov DKI Jakarta, kita mengalami penurunan pendapatan sebesar ini, yaitu lebih dari Rp 40 triliun," pungkas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US