Cara Menanggapi Suatu Hal agar Tak Mudah Tersinggung

- Rabu, 12 Agustus 2020 | 21:33 WIB
Cara menahan diri agar tidak mudah tersinggung. (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)
Cara menahan diri agar tidak mudah tersinggung. (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

Berkumpul bersama teman-teman ataupun kerabat sembari membicarakan hal-hal yang tengah menjadi topik hangat di masyarakat memang menyenangkan.

Terlebih jika dirimu dan orang-orang di sekitarmu tersebut bisa memberikan pandangan ataupun menimpali pembicaraan tersebut dengan santai. Tentu, suasana yang tercipta akan semakin menambah keakraban di antara kalian.

Tapi bagaimana jika salah satu dari kalian atau justru dirimu sendiri, tak bisa menanggapi pembicaraan tersebut dengan santai dan malah berpikir bahwa mereka sedang menyinggungmu? Apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya? Atau bagaimana caranya agar dirimu tak terus-menerus merasa tersinggung?

Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap berpikiran positif. Penting untukmu menganggap bahwa mereka sebenarnya tidak sedang menyinggung perasaanmu. Bisa saja pembicaraan dan juga topik yang dibahas tersebut hanya kebetulan mirip dengan kondisimu.

Atau mungkin saja kamu terlalu sensitif dalam menyikapinya. Cobalah untuk tetap tenang dan jangan mudah terpancing emosi. Jika mereka memang benar-benar membicarakan atau menyinggungmu, kamu perlu menarik dirimu perlahan dari pembicaraan tersebut.

Carilah waktu yang tepat sebelum akhirnya kamu benar-benar meninggalkan pembicaraan yang tengah berlangsung tersebut. Jadilah seseorang yang membosankan bagi mereka hingga kamu tak dilibatkan lagi dalam pembicaraan tersebut. Dengan begitu kamu memiliki alasan untuk pergi.

Dan, kamu tak perlu marah pada tindakan mereka. Bersabar dan berlatihlah agar pikiran positifmu dapat menyelamatkanmu dari hal-hal yang buruk.

Sebab, jika kamu menjadi seseorang yang mudah tersinggung, itu sama saja kamu membiarkan dirimu terluka karena selalu mendengarkan pendapat orang lain. Jadi, hindari sifat mudah tersinggung, ya!

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X