Kader Demokrat Kecele, Dijanjikan Rp100 Juta untuk Ikut KLB, Hanya Dapat Rp10 Juta

- Selasa, 9 Maret 2021 | 10:03 WIB
KLB Demokrat Deli Serdang (ANTARA FOTO/Endi Ahmad)
KLB Demokrat Deli Serdang (ANTARA FOTO/Endi Ahmad)

Seorang kader Partai Demokrat, Gerald Piter Runtu Thomas mengaku diiming-imingi uang Rp100 juta agar ia hadir dalam kongres luar biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (7/3/2021) lalu.

Namun, hingga akhir dia hanya menerima Rp5 juta dari pemberi janji, dan tambahan Rp5 juta dari eks bendahara umum Partai Demokrat, Nazaruddin.

Testimoninya terkait imbalan uang itu diucapkan dalam jumpa pers di kantor pusat Partai Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Gerald yang menjabat sebagai wakil ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Kotamobagu, terbuai iming-iming uang ratusan juta dan akhirnya ikut KLB.

“Oke, saya bilang. Saya ikut karena diiming-imingi uang besar Rp100 juta. Yang pertama, kalau sudah datang di lokasi akan mendapatkan 25 persen dari Rp100 juta, yaitu Rp25 juta. Selesai KLB akan mendapatkan sisanya yaitu Rp75 juta. Tapi nyatanya, kita cuma dapat uang Rp5 juta,” kata Gerald.

Gerald juga mengaku dibujuk seorang mantan pengurus Partai Demokrat agar memilih Moeldoko sebagai Ketua Umum yang baru, padahal Gerald tidak punya hak suara.

Tetapi Vicky Gandey, eks pengurus Demokrat dan orang yang membujuk Gerald, mengatakan:

“Ikut saja. Yang penting sudah ada di lokasi KLB. Kita akan memilih ketua umum baru, yaitu Pak Moeldoko,” kata Gerald.

Gerald bukan satu-satunya kader Demokrat yang ditawarkan uang ratusan untuk hadir dalam KLB. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan ada beberapa kader yang "khilaf" dan akhirnya ikut KLB Deli Serdang.

Ia memastikan KLB itu tidak diikuti oleh pemilik suara sah partai, yaitu para DPD dari 34 provinsi dan Ketua DPC dari 514 kabupaten dan kota.

Soal sanksi kepada kader "khilaf" belum ada keputusan dari partai, tetapi pengurus mengapresiasi keberanian mereka untuk memberi kesaksian.

Dalam KLB Deli Serdang yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketum Demokrat periode 2021-2025 dan Marzuki Alie sebagai Ketua Dewan Pembina Partai, diperkirakan ada 412 peserta yang hadir.

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X