Peristiwa 11 Desember: Terbentuknya UNICEF hingga Meninggalnya Harry Roesli

- Jumat, 11 Desember 2020 | 15:13 WIB
Ilustrasi logo UNICEF. (REUTERS/Ina Fassbender)
Ilustrasi logo UNICEF. (REUTERS/Ina Fassbender)

Tanggal 11 Desember menyimpan peristiwa penting yang menarik untuk diketahui. Mulai dari didirikannya Kabupaten Blora, pembentukan UNICEF, hingga meninggalnya budayawan Harry Roesli.

Berikut Indozone rangkum beberapa peristiwa menarik yang terjadi pada tanggal 11 Desember:

1. Berdirinya Kabupaten Blora (1749)

Kabupaten Blora didirikan pada 11 Desember 1749. Lokasinya berada di Jawa Tengah dan terletak 127 kilometer di sebelah timur Kota Semarang. Blora juga memiliki julukan sebagai Kota Sate, Kota Barongan, dan Kota Jati. Populasinya pada 2019 adalah 925.642 jiwa.

2. Berdirinya UNICEF (1946)

United Nations Children's Fund (UNICEF) merupakan organisasi PBB yang memberikan bantuan dana kemanusiaan dan kesejahteraan jangka panjang pada anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang. UNICEF didirikan pada 11 Desember 1946 dan pada awalnya memberikan bantuan makanan dan kesehatan darurat di negara-negara yang terdampak Perang Dunia II.Pendirinya saat itu adalah dr. Ludwik Rajchman dari Polandia.

BACA JUGA: Viral 5 Prajurit TNI Wanita Posting Foto saat Pendidikan dan Sekarang, Glow Up Abis!

3. Pembantaian El Mozote

Tanggal 11 Desember juga menyimpan sejarah kelam, yakni Pembantaian El Mozote pada tahun 1981. Pembantaian ini terjadi di Desa El Mozote, El Savador ketika Angkatan Bersenjata El Savador yang dididik oleh militer AS membunuh sekitar 1.000 warga sipil dalam kampanye anti-perang gerilya. Pembantaian ini disebut sebagai kejahatan perang terburuk dalam sejarah Amerika Latin modern.

4. Meninggalnya Harry Roesli

Pada 22 Desember 2004 budayawan Harry Roesli meninggal dunia. Dia adalah tokoh yang dikenal membawa budaya musik kontemporer yang berbeda dan memberikan kritik sosial dalam karyanya. Dia juga merupakan cucu dari pujangga Minangkabau, Marah Roesli. Harry Roesli semasa hidupnya menekuni bidang musik hingga teater. Ia meninggal dunia pada 2004 di RS Harapan Kita, Jakarta.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X