Pimpinan DPR Ingatkan Pemerintah agar Tak Turunkan Insentif Nakes

- Jumat, 5 Februari 2021 | 17:16 WIB
Ilustrasi tenaga kesehatan. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Ilustrasi tenaga kesehatan. (REUTERS/Athit Perawongmetha)

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengingatkan agar pemerintah tidak menurunkan insentif bagi tenaga kesehatan dan tenaga medis.

Ia menekankan para nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 berjuang memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien terinfeksi Covid-19. Sehingga insentif tersebut adalah bentuk apresiasi bagi mereka.

"Intensif nakes merupakan bentuk apresiasi dari negara untuk memotivasi dan menjaga spirit nakes untuk menangani pasien Covid-19, maka sangat disayangkan bila insentif nakes mengalami penurunan,” ungkap Azis, Jumat (5/2/2021).

Di sisi lain, Azis meminta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dapat mengawasi penyaluran pemberian insentif yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Bahkan Politikus Partai Golkar ini meminta Pemda menyederhanakan proses administrasi untuk mempercepat penyaluran dana insentif.

Lebih jauh Azis mengutarakan agar Rumah Sakit rujukan Covid-19 untuk aktif mendata nakes yang berhak mendapatkan insentif agar diajukan kepada Kemenkes dan Pemda setempat.

"Sehingga dapat segera diproses untuk pencairan serta melaporkan kembali apabila telah menerima dana insentif, sehingga proses penyaluran dana insentif dapat diverifikasi dan dimonitor,” pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X