Selama Pandemi, Kasus WNI di Luar Negeri Hampir Dua Kali Lipat

- Jumat, 18 Desember 2020 | 23:20 WIB
Retno Marsudi melalui aplikasi video konferensi menyampaikan kata sambutan pada upacara pemberian anugerah Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA) 2020. (Photo/ANTARA/Genta Tenri Mawangi))
Retno Marsudi melalui aplikasi video konferensi menyampaikan kata sambutan pada upacara pemberian anugerah Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA) 2020. (Photo/ANTARA/Genta Tenri Mawangi))

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa jumlah kasus hukum dan non hukum yang dialami warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri naik hampir dua kali lipat sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi pada Maret 2020.

“Pandemi meningkatkan jumlah kasus yang ditangani (pemerintah, red) pusat dan kantor perwakilan (RI di luar negeri, red) sepanjang 2020 lebih dari 43.000 kasus. Ini tentu meningkat tajam dibandingkan kasus pada 2019 yaitu 24.465 kasus,” sebut Retno, dilansir dari Antara, Jumat (18/12/2020).

Jika dibandingkan dengan jumlah kasus pada 2018 sebanyak 16.903, kenaikannya mencapai tiga kali lipat, tambah Retno.

Retno, yang hadir secara virtual, mengatakan pandemi menambah tantangan para diplomat dalam upaya mereka melindungi WNI di luar negeri.

Baca juga: Blak-blakan, Luhut Sebut Ada 200 Ribu Orang yang Mau Liburan ke Bali, Tapi...

“Sebelum pandemi nature (hakikat, red) pekerjaan pelindungan sudah berat dan kini semakin sulit karena ada keterbatasan mobilitas dan risiko lebih tinggi yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” terang dia.

Selain itu, Retno menegaskan tantangan itu tidak menyurutkan kerja pelindungan WNI di luar negeri.

Pemerintah Indonesia, melalui kantor perwakilannya di luar negeri, telah menyalurkan lebih dari setengah juta paket sembako ke para WNI yang terdampak pandemi COVID-19.

"Tidak hanya itu, mereka bertarung nyawa masuk ke zona merah memberi bantuan ke para WNI yang memerlukan dan (kami, red) terus berupaya keras membuka akses transportasi guna memfasilitasi repatriasi ratusan ribu WNI,” sebut menlu RI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X