Menteri BUMN Jalin Kerja Sama dengan Jepang Bidang Kesehatan Hingga EV Battery

- Sabtu, 7 November 2020 | 18:03 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Menteri Negara Urusan Ekonomi dan Fiskal Jepang Yasutoshi Nishimura di Tokyo, Rabu (20/11/2019). (Photo/ANTARA/HO/Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Menteri Negara Urusan Ekonomi dan Fiskal Jepang Yasutoshi Nishimura di Tokyo, Rabu (20/11/2019). (Photo/ANTARA/HO/Kementerian BUMN)

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan penjajakan kerja sama dengan pemerintah Jepang dan kalangan bisnisnya di bidang kesehatan dengan fokus teknologi terbaru. Termasuk untuk peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, dan partisipasi Jepang di KEK Kesehatan.

"Jepang sudah dikenal sebagai negara yang maju di bidang kesehatan. Sebagai contoh, saya terkesan dengan test COVID-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang di airport. Testnya cukup dengan saliva dan tidak melalui nasal," ujar Menteri Erick, seperti yang dilansir dari Antara, Sabtu (7/11/2020).

Erick dalam hal ini juga mengatakan bahwa hasil test itu dapat diketahui dalam waktu kurang dari satu jam dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Baca juga: TikTok Hingga Facebook Blokir Tagar yang Sebarkan Teori Konspirasi Pemilu AS

"Saya ingin teknologi ini dipergunakan di airport-airport di bawah manajemen Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II. Bayangkan dampaknya untuk percepatan pemulihan ekonomi kita," kata Erick.

Ia melihat teknologi PCR test yang dibuat oleh Kawasaki Heavy Industries untuk testing cepat dan pelacakan bagi pasien COVID-19 dengan menggunakan teknologi robotik.

"Kami melihat potensi wisata kesehatan dan kebugaran bagi wisatawan sangat besar, dan Bali, khususnya wilayah seperti Sanur telah menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan lansia, dengan positioning yang berbeda dari wilayah lainnya. Potensi Bali sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan, membuka peluang investasi di bidang kesehatan, khususnya untuk pembangunan fasilitas kesehatan kelas dunia di Bali," kata Menteri Erick.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X