Dubes RI Pastikan Habib Rizieq Shihab Belum Diizinkan Keluar dari Arab Saudi

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 11:41 WIB
Habib Rizieq Shihab. (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Habib Rizieq Shihab. (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab belum mendapatkan izin untuk keluar dari Arab Saudi.

Hal tersebut dikarenakan Rizieq Shihab masih berstatuskan 'blinking merah', atau pelanggar Undang-Undang di dalam portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi.

"Sampai detik ini mama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih “blinking merah” dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis), dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU)," ucap Agus dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut merupakan seseorang melanggar aturan overstay dengan menggunakan visa kunjungan.

"Bentuk pelanggaran; mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan). Ada juga kolom “ma’lumat al-mukhalif” (data tentang pelanggar)," terangnya.

"Di kolom foto MRS ditulis 'Surah al-Mukhalif' foto pelanggar. “Red Blink” adalah sinyal bahwa yang bersangkutan belum bisa keluar dari Arab Saudi," tambah Agus.

Sekadar diketahui, dalam aksi demo tolak UU Cipta Kerja kemarin, orator dari FPI sempat menyatakan bahwa pencekalan terhadap Habib Rizieq Shihab telah dicabut, dan akan segera pulang ke tanah air.

"Alhamdulillah, setelah melalui proses perundingan panjang, dari Habib Rizieq Syihab dan otoritas Kerajaan Saudi, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang kepulangan Habib Rizieq Syihab, wasyukurilah, pada hari ini Imam besar Habib Rizieq Syihab secara resmi sudah dicabut cekalnya," ucap orator pada Selasa, 13 Oktober.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X