Aksi Islamofobia Kembali Terjadi di Jerman, Masjid di Itzehoe Dibakar Orang Tak Dikenal

- Jumat, 16 Oktober 2020 | 13:02 WIB
Ilustrasi mesjid terbakar di Jerman. (Youtube/TRT World Now)
Ilustrasi mesjid terbakar di Jerman. (Youtube/TRT World Now)

Sebuah masjid di Kota Itzehoe, Schleswig-Holstein, Jerman dibakar oleh orang tak dikenal. Meski tanpa ada korban jiwa, kejadian ini menambah daftar aksi Islamofobia di negara tersebut. 

Melansir Antara, ketua Great Mosque Society Itzehoe, Kenan Karagol mengungkapkan kepada Anadolu bila pembakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Pelaku diduga membakar tong sampah dan karton di depan masjid, yang mengakibatkan kerusakan parah. Api padam dengan sendirinya.

Karagol mengatakan upaya pembakaran itu diketahui oleh jemaah sekitar pukul 06.15 waktu setempat ketika mereka hendak menunaikan shalat. Masyarakat Muslim lantas melaporkan insiden tersebut kepada kepolisian dan penyelidikan pun dilakukan.

"Kami pastinya merasa cemas dengan peristiwa itu. Kami mengutuk keras serangan tersebut dan ingin pelakunya ditemukan segera," kata Karagol.

Kepolisian mencatat 188 insiden Islamofobia pada paruh pertama 2020, menurut Kementerian Dalam Negeri awal Oktober ini.

Sedikitnya 15 masjid diserang dan puluhan Muslim mengalami kekerasan secara fisik ataupun verbal di jalanan maupun di tempat umum. Sementara, sembilan orang lainnya mengalami luka akibat serangan.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X