Sempat Viral Siswi Nonmuslim di Padang Diminta Pakai Jilbab, Ini Jawaban Kepala Sekolah

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 00:32 WIB
Kiri: Ilustrasi Sekolah. (photo/Pexels/Markus Spiske). Kanan: Orang tua yang keberatan anaknya pakai jilbab. (photo/Facebook/Elianu Hia)
Kiri: Ilustrasi Sekolah. (photo/Pexels/Markus Spiske). Kanan: Orang tua yang keberatan anaknya pakai jilbab. (photo/Facebook/Elianu Hia)

Belakangan ini sempat viral sebuah unggahan yang memperlihatkan perbincangan dengan pihak sekolah dari salah satu SMK di Padang, Sumatera Barat, tengah viral di Facebook.

Perbincangan tersebut membahas salah satu siswi yang tidak memakai jilbab di sekolah. Diduga seorang siswi nonmuslim dipaksa memakai jilbab.

Informasi seorang siswi nonmuslim dipaksa memakai jilbab ini dibagikan Elianu Hia, orangtua siswi lewat media sosial. 

Terkait hal tersebut, Pihak SMK Negeri 2 Padang membantah informasi yang menyebutkan pihaknya mewajibkan siswa nonmuslim untuk menggunakan jilbab.

"Kami tidak mewajibkan siswi nonmuslim untuk menggunakan kerudung seperti informasi yang viral di media sosial," kata Kepala SMKN 2 Padang, Rusmadi, kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Pihak sekolah tersebut tidak melakukan pemaksaan, melainkan hanya mengimbau siswi menggunakan kerudung atau jilbab. 

"Tidak ada paksaan," katanya.

Kepala sekolah juga menjelaskan ketentuan penggunaan seragam sekolah.  Ketentuan itu telah diatur untuk pakaian apa yang akan digunakan sejak Senin sampai Jumat.

"Kami tidak membedakan siswa muslim dan nonmuslim, kami membuat di dalam aturan itu untuk menggunakan jilbab," lanjutnya.

Sebelumnya, sempat viral sebuah video yang berdurasi 15 menit, yang memperlihatkan percakapan antara Eliana Hia dan pihak SMK Negeri 2 Padang.

 Eliana selaku orang tua dipanggil pihak sekolah karena anaknya, Jeni Cahyani Hia, tidak mengenakan jilbab. Jeni tercatat sebagai siswi Kelas X pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)) di sekolah itu. Ia tidak mengenakan jilbab karena bukan muslim.

Sejak diunggah di Facebook Kamis (21/1/2021), video yang disebar melalui akun Facebook Eliana Hia itu mendapat 7.200 komentar dan sudah dibagikan 4.200 kali.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X