Jokowi Jadikan Anaknya Gibran Wali Kota Solo, Purnomo Merajuk? Pilih Kembali Berbisnis

- Senin, 20 Juli 2020 | 08:55 WIB
Kolase foto Achmad Purnomo (kiri), Gibran Rakabuming (tengah), dan Jokowi (kanan). (Foto: Istimewa)
Kolase foto Achmad Purnomo (kiri), Gibran Rakabuming (tengah), dan Jokowi (kanan). (Foto: Istimewa)

Nama Wakil Wali Kota Surakarta (Solo) Achmad Purnomo ramai diperbincangkan dalam beberapa hari terakhir. Menyusul kunjungannya ke Istana Presiden pada Kamis (16/7/2020), Purnomo disebut-sebut hendak diberi jabatan lain oleh Jokowi sebagai "kompensasi" agar mengikhlaskan kenyataan bahwa anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, yang dijadikan sebagai calon wali kota Surakarta.

Usai dipanggil Jokowi ke Istana Presiden, Purnomo menepis dugaan itu. Ia bilang kalau dirinya hanya diberi tahu perihal keputusan PDI-P mengusung Gibran dan Teguh Prakoso. Ia juga mengaku kalau Jokowi ingin agar dirinya memberi nasihat kepada Gibran supaya menang.

Jauh hari sebelum PDI-P mengusung Gibran, Achmad Purnomo sempat digadang-gadang sebagai calon wali kota Solo dari PDI-P. Arah politik berubah seiring berjalannya waktu, dan Purnomo dianggap sebagai "tumbal" demi meloloskan Gibran.

Sebagai kader partai yang budiman, Purnomo menepis anggapan itu di hadapan publik.

"Saya membantah berita itu, dan itu semuanya keliru," kata Purnomo di Solo, Sabtu (18/7/2020).

Purnomo mengaku sempat dihubungi oleh Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDIP Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo yang akan bertemu bersama Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di rumah, pada Jumat (17/7/2020).

Dirinya saat itu sedang mengemudi, namun tiba-tiba ada telepon dari Rudyatmo. Istrinya yang mengangkat dan menyampaikan dirinya sedang perjalanan ke Yogyakarta.

"Saya tidak menutup diri jika pasangan Gibran-Teguh yang mendapatkan rekomendasi DPP ingin menemui saya untuk meminta restu," katanya.

Entah merajuk atau bagaimana, Purnomo yang sudah berumur 71 tahun itu justru lebih memilih untuk hidup tenang sembari kembali menjalankan bisnisnya saat masa jabatannya selesai pada 2021 nanti. 

"Saya ingin tetap di Solo saja melanjutkan bisnis dan bersama anak dan cucu," katanya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X