PSBB Transisi Diperpanjang, DPRD DKI Sebut Masyarakat Butuh Stimulus

- Kamis, 2 Juli 2020 | 20:13 WIB
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi memutuskan untuk memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi hingga dua minggu ke depan atau hingga 16 Juli 2020.

Sejalan dengan itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Syarif, mengimbau agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat dalam hal ini penyaluran bantuan sosial (Bansos).

"(Bansos) kan sampai akhir Juli akan diberikan ya dalam bentuk sembako. Nah Agustus dan seterusnya, harusnya bantuan lain yang bisa memulihkan perekonomian warga," kata Syarif kepada awak media di Jakarta, Kamis (2/7/2020). 

Syarif mengungkapkan, kondisi saat ini layaknya sebuah kolam, dimana kolam tersebut semula ditutup dan masyarakat diberikan ikan untuk makan untuk bertahan hidup di saat pandemi virus corona (Covid-19).

"Nah sekarang kolam dibuka masa dikasih ikan juga? Makanya dikasih kail.  Kail itu apa? Stimulus untuk permodalan ya. Nah Juli ini tuntaskan dulu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memutuskan untuk memperpanjang kembali masa penerapan PSBB transisi di Jakarta selama 14 hari ke depan atau hingga 16 Juli 2020.

"PSBB transisi yang artinya semua kegiatan berlangsung masih dalam kapasitas 50% akan diteruskan 14 hari ke depan," kata Anies dalam konferensi persnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/7/2020). 

Anies menjelaskan, alasan diperpanjang kembali masa PSBB transisi kerena masyarakat di DKI Jakarta masih perlu menerapkan kedisiplinan guna menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Lalu dalam pembahasan tadi di Jakarta apa yang terjadi selama satu bulan terakhir di situ nampak bahwa secara umum masih perlu ada peningkatan kedisiplinan masyarakat," ujarnya. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X