The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Izinkan Umat Shalat Tarawih, Kemenag Jambi: Dengan Terapkan Aturan Prokes
Kepala Bidang Humas Kementerian Agama Provinsi Jambi Yazid Bafadhal. (photo/ANTARA/Muhamad Hanapi)
News

Izinkan Umat Shalat Tarawih, Kemenag Jambi: Dengan Terapkan Aturan Prokes

Senin, 12 April 2021 01:16 WIB 12 April 2021, 01:16 WIB

INDOZONE.ID - Kemenag Provinsi Jambi memperboleh umat Islam setempat melaksanakan Shalat Tarawih di berbagai masjid dan mushalla dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penularan COVID-19.

"Ibadah tarawih selama Ramadhan tahun ini diperkenankan untuk dilaksanakan di masjid dan mushalla namun dengan menerapkan aturan protokol kesehatan COVID-19," kata Kepala Bidang Humas Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jambi Yazid Bafadhal di Jambi, Minggu (11/4) dikutip dari ANTARA.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 tentang perubahan Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelaksanaan ibadah tarawih di masjid dan mushalla boleh dilaksanakan dengan jamaah maksimal 50 persen dari kapasitas masjid atau mushalla, sedangkan pengurus masjid dan mushalla wajib menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan untuk jamaah, di antaranya tempat cuci tangan, penyanitasi tangan, dan mengatur jarak antarumat.

"Shalat Tarawih dan witir, tadarus Al Quran, iktikaf, Nuzulul Quran tidak boleh dilaksanakan di daerah risiko tinggi atau zona merah dan zona oranye penyebaran COVID-19 berdasarkan penetapan pemerintah daerah setempat," kata Yazid Bafadhal.

Selain itu, kata dia, vaksinasi dapat dilakukan di bulan Ramadhan dengan berpedoman pada fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi COVID-19 saat berpuasa dan hasil ketetapan fatwa ormas islam lainnya, sedangkan pengumpulan dan penyaluran ZIS, BAZNAS, LAZ dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US