Taiwan Konfirmasi Kasus Virus Korona Tanpa Gejala

- Senin, 10 Februari 2020 | 14:30 WIB
Ilustrasi: Petugas medis memeriksa pasien virus korona di ruang isolasi (China Daily)
Ilustrasi: Petugas medis memeriksa pasien virus korona di ruang isolasi (China Daily)

Korban virus korona tanpa gejala mulai bermunculan. Baru-baru ini, Taiwan mengkonfirmasi kasus virus korona yang ke-18 (9/2/2020). Mengejutkannya, pasien tersebut terdeteksi tanpa gejala apapun.

Tak hanya Taiwan, 4 warga negara Jerman sebelumnya juga dinyatakan virus korona tanpa menunjukkan gejala. Hal ini rupanya sudah sejak lama dikhawatirkan oleh para peneliti.

"Inilah yang paling ditakuti para ahli kesehatan masyarakat jika virus tidak menunjukkan gejala namun masih bisa menular, karena mengontrol virus jenis ini jauh lebih sulit," ungkap para ahli kesehatan, dilansir dari Xinhua.

Tiongkok sendiri juga sempat mengingatkan soal penyebaran virus korona tanpa gejala.

"Individu yang terinfeksi ini telah melakukan perjalan ke Italia melalui Hong Kong pada tanggal 22 Januari dan kembali ke Taiwan pada tanggal 1 Februari," demikian laporan dari Badan pengawas epidemi Taiwan.

Orangtua dan saudara pasien tersebut diketahui sudah terinfeksi virus korona lebih dulu. Keduanya diketahui sempat menunjukkan gejala demam. Berbeda dengan pasien tersebut yang sama sekali tak menunjukkan gejala apapun.

Tim medis telah mengidentifikasi sekitar 78 orang yang berhubungan dengan keluarga pasien tersebut. Hingga saat ini, Taiwan telah mengkarantina 152 pasien yang terduga terinfeksi virus korona.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X