Soal Pengobatan Corona, Kemenkes Jelaskan Bahwa Belum Ada Bukti Ilmiah
Kapal pesiar Diamond Princess di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama. (photo/Reuters/Kim Kyung-Hoon)
News

Soal Pengobatan Corona, Kemenkes Jelaskan Bahwa Belum Ada Bukti Ilmiah

Rabu, 19 Februari 2020 19:48 WIB 19 Februari 2020, 19:48 WIB

INDOZONE.ID - Terkait pengobatan untuk penyakit wabah virus corona,  Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang dihasilkan.

Tak hanya itu Yurianto juga menyampaikan bahwa virus tersebut masih proses penelitian untuk mempelajari karakter terhadap cara penyebarannya.

"Ada yang bilang pakai curcuma, air hangat dan lain-lain, tidak ada alasan ilmiah yang kita bisa sampaikan terkait hal ini. Karena belum bisa dijelaskan secara ilmiah, tentunya belum bisa dijadikan acuan untuk pengobatan," kata Yurianto di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa sampai saat ini, para peneliti masih berkumpul di bawah naungan WHO dan berusaha cepat memahami serta mencari vaksin obat terhadap virus itu.

corona
Para peneliti yang masih melakukan proses penelitian terhadap virus corona. (photo/Reuters/Heidi Levine)

"Yang pasti saat ini belum ada obat atau vaksin yang bisa digunakan. Spesisifk di Indonesia, kita belum memiliki sampelnya di Indonesia. Oleh karena itu tidak banyak yang bisa kita diskusikan mengenai vaksin dan obat, rumor mengenai itu kami tidak bisa menjawab secara ilmiah," kata Yurianto.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US