Cegah Virus Corona Masuk Istana, Setiap Tamu Diperiksa Suhu Tubuhnya

- Selasa, 3 Maret 2020 | 11:32 WIB
Setiap tamu dan pejabat yang hendak masuk ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, mulai Selasa (3/3/2020) harus diperiksa kondisi suhu tubuhnya oleh petugas untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. (FOTO ANTARA/Indra Arief)
Setiap tamu dan pejabat yang hendak masuk ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, mulai Selasa (3/3/2020) harus diperiksa kondisi suhu tubuhnya oleh petugas untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. (FOTO ANTARA/Indra Arief)

Mulai Selasa ini (3/3/2020), setiap tamu dan pejabat yang hendak masuk ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, diperiksa kondisi suhu tubuhnya oleh petugas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Melansir dari Antara, setiap tamu yang memasuki lingkungan Istana akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermo scanner. Alat ini berada di dua pintu, baik di Jalan Majapahit maupun Jalan Veteran III.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh ini dilakukan kepada seluruh tamu, termasuk para menteri dan pimpinan lembaga negara yang memasuki Istana.

"Jika suhu tubuh 37,5 derajat Celcius, diminta untuk kembali. Jadi tidak perlu masuk ke Istana Kepresidenan," katanya.

Setiap tamu diperiksa oleh petugas menggunakan alat seukuran gawai yang memiliki sensor panas. Setiap tamu yang melintas akan ditempelkan alat ini di bagian keningnya. Pengukur digital secara otomatis dalam waktu singkat akan menunjukkan suhu tubuh mereka.

"Tadi saya diperiksa suhu tubuh 36 derajat Celcius di pintu masuk. Pemeriksaan mulai hari ini, soalnya kemarin tidak ada pemeriksaan," ujar salah satu tamu, Andhika Prasetyo (28 tahun) saat diwawancarai Antara.

Dengan adanya peraturan ini, tamu Istana tidak hanya wajib melewati metal detector saja, namun juga harus lolos pemeriksaan suhu tubuh oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pemeriksaan suhu tubuh ini akan berjalan selama dua pekan ke depan untuk kemudian dievaluasi.

Pengecekan suhu tubuh ini dilakukan setelah pada Senin (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan warga Indonesia positif terjangkit virus Covid-19 di wilayah Tanah Air. Dua WNI positif Covid-19 itu kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X