Denny JA Prediksikan Pandemi Corona di Indonesia Tuntas 99% Pada Juni

- Kamis, 30 April 2020 | 13:58 WIB
Petugas medis melakukan tes swab kepada warga. (ANTARA FOTO/Fachrurrozi)
Petugas medis melakukan tes swab kepada warga. (ANTARA FOTO/Fachrurrozi)

Riset yang dilakukan oleh Konsultan Politik, Denny JA ini menggunakan beberapa sumber data, yang berasal dari laman Worldometer dan Singapore University of Technology and Design, yang terus melakukan perkembangan kasus corona.

Berdasarkan data yang dikumpulkannya itu, Indonesia diperkirakan akan terbebas dari corona pada bulan Juni tahun 2020, dengan jumlah persentase 99%.

Prediksi tersebut didasarkan pada jumlah kasus positif corona di Indonesia yang terus mengalami penurunan.

"Indonesia 99% kasus corona akan tuntas di bulan Juni 2020. dari mana kita tau? Kembali kita membaca tren data  sampai   11 April 2020, tren yang terpapar virus corona di Indonesia menanjak terjal setiap hari, yang kena bertambah," jelas Denny JA, ketika menyampaikan prediksi dalam keterangan video pada Kamis (30/4/2020).

-
Denny JA. (Twitter/@DennyJA_WORLD)

"Sampai tanggal 11 April 2020. Setelah 11 April yang terkena mulai melandai dan kita tau ujungnya dia akan menurun. Saat itu kita bisa katakan, bersandar pada model projection, pada bulan Juni 2020, 99% kasus virus corona akan tuntas di Indonesia," jelasnya lagi.

Di samping itu, Denny JA mengungkapkan bahwa, Indonesia bisa terbebas dari corona bila masyarakat disiplin mengikuti aturan atau protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

-
Ilustrasi petugas medis membawa pasien corona. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

"Katakanlah 1-3 minggu setelah lebaran, Indonesia kembali akan hidup hampir normal, mengapa, karena vaksin belum ditemukan. Sehingga kita belum bisa klaim 100% ini tuntas. Secara umum tuntas 99%, bisa buat kehidupan kita normal kembali tapi kita berjumpa publik luas tetap dengan mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Selain itu, prediksi soal akhir dari pandemi corona ini kata Denny JA, dilihat dari sejumlah negara yang telah mengalami puncak virus corona.

Sehingga Indonesia akan menyusul untuk mencapai puncak corona, dan virus akan segera berakhir.

"Indikator awal itu sudah dapat kita baca walaupun vaksin belum ditemukan tapi kita baca tren data bahwa beberapa negara berhasil sudah melampaui puncak pandemi," sambungnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X