Begini Gambaran Gerhana Matahari Cincin di Berbagai Wilayah Indonesia

- Rabu, 25 Desember 2019 | 17:03 WIB
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Universe Today).
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Universe Today).

Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan melintasi wilayah Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019. Namun, tidak semua wilayah akan bisa mendaparkan gerhana matahari cincin yang penuh.

Hanya masyarakat Indonesia di wilayah-wilayah tertentu misalnya di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, Kalimantan utara, dan Kalimantan Timur yang bisa menikmati gerhana dengan bentuk lingkaran menyerupai cincin itu.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memaparkan, warga di seluruh wilayah Indonesia, juga bisa menikmati fenomana alam ini. Namun, tergantung lokasi pengamatan. Misalnya di daerah Sumatera Selatan mencapai 80 persen sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70 sampai 80 persen. 

Sementara wilayah lain di Indonesia, dapat melihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20 persen terjadi di wilayah selatan Papua. 

Sedangkan untuk di Bandung, bulan menutupi 70 persen permukaan matahari. Dan di Jakarta gerhana hanya mencapai sekitar 72 persen.

"Semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar," tulis keterangan LAPAN. 

LAPAN mengingatkan, dalam mengamati Gerhana Matahari Cincin yakni keamanan mata, masyarakat diminta jangan melihat ke arah matahari dengan mata telanjang secara langsung baik saat gerhana maupun tidak. 
Intensitas cahaya matahari yang sangat kuat dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan. 

Beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana matahari dengan aman antara lain, sebut LAPAN diantaranya kamera pinhole (kamera lubang jarum), kacamata matahari, binocular atau teleskop dan kamera DSLR dengan filter khusus matahari.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal tersebut, yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X