Pesan Nadiem Pada Dua Orang Penggantinya di Gojek

- Kamis, 24 Oktober 2019 | 10:05 WIB
Pengemudi ojek online Gojek membawa poster ucapan selamat kepada Pendiri dan CEO Gojek Nadiem Makarim di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/10/2019).(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/ama)
Pengemudi ojek online Gojek membawa poster ucapan selamat kepada Pendiri dan CEO Gojek Nadiem Makarim di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/10/2019).(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/ama)

Founder dan CEO Gojek Nadiem Makarim, resmi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Maju. Dia pun, telah mundur dari perusahaan yang dibesarkannya dan mempercayakan perusahaan teknologi aplikasi ini pada Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo.

Dua orang tersebut, dinilai Nadiem, memainkan peran kunci dalam membawa perusahaan yang bermula dari sebuah kantor kecil di Jakarta Selatan ke panggung dunia.

Dalam siaran persnya, Gojek menegaskan, Kevin dan Andre telah menjalankan bisnis perusahaan bersama Nadiem selama beberapa tahun, sehingga transisi kepemimpinan ini dipastikan akan berjalan mulus.

Nadiem dalam pesan pada karyawan Gojek menegaskan, banyak keberuntungan yang memihak pada Gojek. Namun, Nadiem percaya jika keberuntungan dalam menjalankan bisnis punya nilai jika ada sosok-sosok brilian yang tahu cara memanfaatkannya. 

"Kevin dan Andre adalah mentor dalam perjalanan saya menjadi seorang leader, mereka adalah talenta-talenta terbaik di Gojek. Keduanya yang menjalankan perusahaan ini selama beberapa tahun terakhir dan saya memiliki keyakinan penuh bukan hanya pada kemampuan mereka dalam hal teknis dan eksekusi, tapi juga yang terpenting, pada integritas dan komitmen di tiap langkah dan keputusan mereka," tulisnya. 

Ia bercerita, jika membangun bisnis seperti Gojek sangat menguras tenaga dan emosi, tapi kawan seperjalannya tersebut, menghadapinya dengan kepala dingin.

"Tidak ada yang lebih tepat dari mereka untuk memimpin Gojek di fase pertumbuhan berikutnya," ujarnya.

Andre dan Kevin dalam pernyataan bersamanya menyampaikan, tekadnya Gojek ke depan akan semakin kuat dengan target fokus untuk mencapai visi Gojek 10 tahun ke depan.

"Gojek telah meningkatkan taraf hidup banyak orang di Indonesia dan di Asia Tenggara. Prioritas utama kami adalah memastikan bahwa perusahaan ini dapat terus memberikan manfaat positif untuk masa mendatang sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia.”

Gojek telah memproses lebih dari 2 miliar transaksi per tahun. Proses pengumpulan dana (fundraising) Gojek juga telah menarik perhatian perusahaan global papan atas seperti Google, Sequoia, Tencent, Mitsubishi, hingga Temasek serta Astra International sebagai salah satu investor lokal. Pendanaan Seri F terakhir yang telah berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$2 Miliar. 

Andre, telah memimpin penggalangan dana yang mencapai lebih dari US$4 miliar dengan menarik investor kunci seperti Google, Tencent, KKR dan Warburg Pincus untuk turut berinvestasi.

Dalam struktur baru, Andre akan fokus pada pengembangan strategi korporasi, meliputi pengelolaan alokasi modal, ekspansi internasional serta layanan pembayaran dan jasa keuangan. 

Sementara Kevin akan fokus pada pengembangan produk Gojek serta pemasaran, pengembangan organisasi dan juga bisnis ride-hailing dan pesan-antar makanan karena latar belakangnya sebagai business intelligence, yang pelopori penggunaan data sebagai dasar pengambilan keputusan.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X