Jadi Menteri BUMN, Erick Thohir Wajah Baru di Kabinet Indonesia Maju

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 11:25 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Antara Foto/Wahyu Putro A)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Antara Foto/Wahyu Putro A)

Pengusaha sukses nasional dan global, Erick Thohir akhirnya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024 menggantikan Rini Soemarno.

Pengusaha kelahiran Jakarta 30 Mei 1970 ini merupakan pendiri Mahaka Group, induk dari perusahan bisnis media dan hiburan.

"Erick Thohir Sebagai Menteri BUMN yang baru, Pengusaha sukses nasional dan global, Presiden Inter Milan, pemilik klub bola basket NBA, pemilik Mahaka Group. Bertugas bangun BUMN, ekspansi global dan garap BUMN Bermasalah," kata Jokowi.

Ia memimpin PT Mahaka Media Tbk (ABBA) sebagai Direktur Utama hingga tahun 2008 kemudian menjabat sebagai Komisaris Mahaka Media sejak Juni 2010. Pria penyuka olahraga ini juga menjabat sebagai Presiden Komisari PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) sejak 2015.

Selain itu Erick Thohir juga pernah memiliki kiprah di industri media sebagai Direktur Utama PT Lativi Media Karya (TVOne) pada 2007-2012 dan Direktur Utama PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) pada 2011-2013.

Kiprahnya di dunia olahraga pun terbilang mentereng, dengan menjadi ketua PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) pada 2004-2006, Presiden SEABA (Southeast Asian Basketball Association) 2006-2009 dan sejak 2014 menjadi Anggota dari Central Board FIBA (Organisasi Bola Basket Dunia).

Selain itu Erick Thohir juga memiliki saham klub sepak bola raksasa Italia, Inter Milan dan beberapa klub olahraga lain seperti klub sepak bola DC United, klub NBA, Philadelphia 76ers, Oxford United hingga Persib Bandung dan klub IBL, Satria Muda. 

Kiprahnya sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membuatnya dipercaya untuk memimpin INASGOC pada Asian Games 2018 lalu. 

Pada pemilihan Presiden 2019, Erick Thohir didapuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf yang akhirnya membawa kemenangan pada pemilu lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Ini Sumpah yang Diucapkan Para Menteri Kabinet Indonesia Maju

Apakah Aman Bagi Pesawat Terbang di Atas Segitiga Bermuda?

Melihat Lebih Dekat Sosok Menteri ESDM Arifin Tasrif

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X