Tiga Terduga Pembakar Hutan Taman Nasional Tesso Nilo Ditangkap

- Selasa, 17 September 2019 | 13:25 WIB
Upaya pemadakam kebakaran hutan di Riau. (Antara Foto/Rony Muharrman)
Upaya pemadakam kebakaran hutan di Riau. (Antara Foto/Rony Muharrman)

Tiga terduga pelaku pembakaran hutan di kawasan Kabupaten Pelalawan, Riau, berhasil diamankan Tim Gabungan Penegakan Hukum Kebakaran Hutan dan Lahan, Senin (16/9).

Ketiganya dipergoki patroli Tim Gabungan Penegakan Hukum Kebakaran Hutan dan Lahan, saat tengah merambah dan melakukan pembakaran hutan yang diduga untuk membuka lahan perkebunan sawit di Taman Nasional Tesso Nilo, Indragiri Hulu, Pelalawan, Riau.

"Kebakaran ada kaitannya dengan pembukaan lahan yang dilakukan oleh beberapa orang, apakah itu secara pribadi, apakah ada orang yang mengorganisir, dalam hal ini diupah dan sebagainya," jelas Kepala Gakkum KLHK Wilayah II Sumatera Edward Hutapea dalam keterangannya.

Ia menambahkan, pola yang umum terjadi, setelah lokasi dibuka biasanya akan ditinggalkan dalam kondisi terbakar. Setelah terbakar, biasanya para perambah hutan akan kembali lagi untuk mengusahakan dan mengolah lahan tersebut menjadi perkebunan sawit atau perkebunan industri lainnya.

"Ketiga terduga pelaku pembakaran hutan yang berhasil ditangkap ini masih menjalani pemeriksaan intensif. Mereka dijerat dengan UU Lingkungan Hidup No.32 tahun 2009. Ancaman hukumannya 10 tahun penjara," tandasnya.

Sebelumnya, beredar video evakuasi tiga terduga pelaku pembakaran hutan di kawasan Riau. Ketiganya ditangkap aparat TNI bersenjata laras panjang, dan dievakuasi dengan menggunakan helikopter dari Lapangan Sorek di wilayah Kabupaten Pelalawan, Riau, Senin (16/9) siang.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X