Pemerintah RI Tempuh Cara Ini demi Redam Konflik AS-Iran
Menlu Retno Marsudi mengatakan pemerintah RI mengambil langkah diplomatik untuk meredam konflik AS-Iran (Setkab).
News

Pemerintah RI Tempuh Cara Ini demi Redam Konflik AS-Iran

Supaya perang tidak terjadi.

Senin, 13 Januari 2020 10:54 WIB 13 Januari 2020, 10:54 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Luar Negeri, mengambil langkah diplomatik sebagai upaya meredam konflik di Timur Tengah yang melibatkan Iran dan Amerika Serikat

Menlu Retno Marsudi mengatakan Indonesia telah berbicara dengan pihak Amerika Serikat dan Iran di tingkat Dewan Keamanan. Pemerintah RI pun sudah berusaha mendorong semua pihak agar konflik tidak semakin memanas.

“Saya melakukan pembicaraan per telepon pada tanggal 8 malam, berarti 9 pagi karena pada saat itu Menteri Luar Negeri Vietnam baru mendarat di New York. Vietnam untuk bulan Januari ini bertindak sebagai Presiden dari Dewan Keamanan PBB. Saya melakukan pembicaraan, saya mengulangi lagi spot Indonesia terhadap presidency Vietnam,” kata Retno di Emirate Palace, Abu Dhabi, UEA, Minggu (12/1) malam.

Pemerintah RI juga mengharapkan Vietnam menggunakan pengaruhnya sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB. Tujuannya agar semua pihak yang terkait dapat menahan diri, sehingga mencegah terjadinya situasi buruk.

“Jadi, kita cukup banyak untuk mengirimkan pesan, untuk meng-encourage agar eskalasi yang lebih jelek tidak terjadi lagi,” ujar Retno. 

Retno mengklaim semua negara khawatir dengan kemungkinan terjadinya perang terbuka antara AS dan Iran. Indonesia pun yang posisinya jauh dari konflik, mengalami situasi serupa karena perang tidak akan menguntungkan siapapun.

“Perang itu akan berpengaruh pasti terhadap ekonomi dunia. Tanpa perang pun sudah tertekan, tertekan terus ke bawah,” ujar Retno. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Ivanrida

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU