BNN Sita Puluhan Ribu Kg Sabu dan Ratusan Ekstasi dari Malaysia

- Kamis, 4 Juli 2019 | 17:11 WIB
Humas BNN
Humas BNN

Badan Narkotika Nasional (BNN) wilayah Sumatera Utara mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada speed boad yang berlabuh di perairan Tanjung Balai Asahan pada Selasa (2/7/2019) membawa narkotika.

Berdasarkan informasi tersebut, tim BNN langsung melakukan penyelidikan. Tim mencurigai sebuah mobil Innova warna hitam dengan nomor polisi BK 1430 HG, dan mengikutinya.

"Di dalam mobil ditemukan tiga ban yang berisi narkotika jenis sabu dan ekstasi," kata Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, Kamis (4/7/2019).

Sabu seberat 81,862 kg dan 20 bungkus ekstasi dengan jumlah 102.657 butir tersebut berasal dari Malaysia.

Selanjutnya, tim BNN menahan dua penumpang Adi Putra alias Tison dan Ardiansyah alias Yuni. Berdasarkan keterangan kedua orang tersebut, mereka masih menyimpan narkotika di sebuah rumah di Lubuk Palas, Asahan.

Kemudian tim BNN mendatangi rumah tersebut dan menemukan satu ban dalam mobil yang berisi narkotika di belakang rumah dan berhasil mengamankan satu orang penunggu rumah atas nama Fadli.

Selanjutnya tim melakukan pencarian untuk mencari pelaku lainnya. Salah satu pelaku diketahui menggunakan mobil Honda Jazz dengan nomor polisi BK 1004 VP. Sekitar pukul 17.30 WIB, tim BNN menemukan mobil Honda Jazz tersebut dengan kecepatan tinggi menuju ke arah Batu Bara.

Tim akhirnya berhasil menghentikan Honda Jazz tersebut dan menangkap dua penumpangnya, Hanafi dan Amirudin di Jalan Perintis Kemerdekaan Batubara.

Selanjutnya, tim BNN terus mengembangkan terhadap pelaku lainnya. Pada Rabu (3/7/2019) sekitar pukul 01.30 WIB, tim berhasil menangkap dua orang pelaku lainnya, Zul dan Nazar, di sebuah rumah di dalam perkebunan sawit di daerah Teluk Dalam, Kabupaten Asahan.

Tim kemudian kembali melakukan pencarian melalui informasi dari para pelaku. Mobil Avanza putih BK 1321 KIJ berhasil ditangkap setelah terjadi kejar-kejaran dan bahkan tim sempat melepaskan tembakan. 

Ada tiga orang di dalam tersebut, yakni Sulaeman, M.Yusuf dan M.Yasin, dua terakhir mengalami luka. Setelah dibawa ke ke RS. Haji Medan M.Yasin dinyatakan meninggal.

Tim BNN kembali menangkap satu orang pelaku, Tarmizi alias Genv di salah satu rumah milik Nisa di Gg. Riski, Bandar Klipa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Dari rentetan penangkapan tersebut, selain mengamankan sabu dan ekstasi, BNN juga mengamankan barang bukti non narkotika berupa satu mobil Toyota Innova BK 1430 H, satu mobil Honda Jazz BK 1004 VP, satu Innova BK 1144 VI, satu mobil CRV  BK 1735 KY, satu mobil CRV BK 1832 UO, satu mobil Avanza B 1321 KIJ, dan beberapa alat komunikasi (HP).

Total tersangka sebanyak delapan orang yakni Adi Putra, Ardiansyah, Fadli, Hanafi, Amirudin, Zul AB, Nazarudin dan Tarmizi. Turut ditahan penumpang Avanza, Sulaeman, M. Yusuf Adi Putrama, M. Yasin, Sofyan Hidayat dan Roby S.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X