Ini Imbauan PVMBG Terkait Erupsi Gunung Tangkuban Parahu

- Sabtu, 27 Juli 2019 | 09:48 WIB
Antara/Raisan Alfarisi
Antara/Raisan Alfarisi

Berdasarkan keterangan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih di Level 1 (normal).

Evaluasi akan terus dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan tingkat ancamannya. Ada lima rekomendasi terkait erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang dikeluarkan oleh PVMBG. 

Pertama, masyarakat termasuk pedagang, wisatawan dan para pendaki tak diperbolehkan mendekati Kawah Ratu dan Kawah Upas dengan radius 500 meter. Masyarakat juga tak diperbolehkan nginap di dalam kompleks gunung yang berada di dalam kawasan kawah-kawah aktif.

Kedua, masyarakat juga diimbau agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas gas vulkanik. Masyarakat juga diminta untuk tidak berlama-lama berada di bibir kawah aktif untuk mencegah paparan gas yang berdampak bagi kesehatan.

Kemudian yang ketiga, masyarakat diminta untuk mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului gejala vulkanik yang jelas.

Keempat, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Selain itu, masyarakat diminta supaya tidak terpancing isu-isu soal leutusan Gunung Tangkuban Parahu.

Kelima, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (BPBD Provinsi Jabar) dan BPBD Kabupaten Bandung Barat dan juga BPBD Kabupaten Subang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X