The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terungkap 2 Nama Trainee Produce 48 yang Harusnya Jadi Member IZ*ONE 
Lee Gae Un (kiri) dan Han Cho Won (kanan) saat ikuti program Produce 48. (Instagram/@produce48update).
Music

Terungkap 2 Nama Trainee Produce 48 yang Harusnya Jadi Member IZ*ONE 

Setelah kasus manipulasi voting.

Minggu, 22 November 2020 13:55 WIB 22 November 2020, 13:55 WIB

INDOZONE.ID - Sudah hampir satu tahun, kasus skandal manipulasi voting survival program 'Produce 101' series yang ditayangkan Mnet terbongkar ke publik. Pihak pengadilan Korea Selatan pun menangkap dan menjebloskan beberapa produser dari program tersebut yang terbukti bersalah beberapa bulan lalu. 

Kini, sebuah kabar dari pengadilan mengungkapkan nama-nama trainee yang dicurangi sehingga tidak bisa bergabung dengan idol group yang terbentuk di final acara tersebut. 

Salah satunya beberapa trainee 'Produce 48' yang menjadi season ketiga dari program tersebut yang harusnya debut sebagai member IZ*ONE

Melansir Koreaboo, ada dua nama trainee yang seharusnya bergabung dengan grup dari program yang ditayangkan ahir 2018 silam. Mereka adalah Lee Ga Eun dari Pledis Entertainment (sebelum pindah), serta Han Cho Won dari Cube Entertainment. 

Dalam program tersebut, kedua trainee tersebut tersisih di Final dengan hasil Ga Eun di posisi ke 14 dan Cho Won di posisi 13. Padahal dari hasil sebenarnya sebelum dimanipulasi adalah posisi kelima untuk Gaeun dan posisi enam untuk Cho Won.

Member IZ*ONE yang sudah aktif semenjak Oktober 2018 sampai kontraknya April 2021.
Member IZ*ONE yang sudah aktif semenjak Oktober 2018 sampai kontraknya April 2021. (Soompi)

Baca Juga: Rilis Album Baru, BTS Tawarkan Kesejukan dan Harapan Lewat Single 'Life Goes On'

Seperti yang diketahui, ada 12 trainee sesuai rangking dari acara tersebut telah berhasil debut sebagai member dari idol group IZ*ONE. Dengan terbukanya fakta tersebut, seharusnya Ga Eun dan Cho won bereada di antara mereka, sementara ada dua member IZ*ONE yang tidak disebutkan namanya berada di posisi sebaliknya.

Menanggapi kabar terbaru ini, pihak Mnet mengucapkan permohonan maaf serta akan memberi konpensasi kepada kedua trainee tersebut. Namun, ia menjelaskan aktivitas IZ*ONE akan tetap berjalan sampai saat ini mengingat masa kontrak IZ*ONE dengan Mnet akan berakhir pada April 2021 mendatang.

'Produce 101' adalah survival program yang membuka kesempatan kepada calon idol (trainee) dari berbagai perusahaan entertainment di Korea Selatan untuk debut dan bergabung dalam sebuah idol group bentukan program tersebut. 

Semua calon idol akan mengikuti semua kegiatan dalam program tersebut dan para penonton dipersilahkan untuk memilih calon idol favorit mereka. 

Calon idol yang terus dipilih sampai babak final, akan lolos menjadi member dari idol group bentukan program Produce 101, seperti I.O.I dari 'Produce 101' (2016), Wanna One dari 'Produce 101' S2 (2017), IZ*ONE dari 'Produce 48' (2018), dan X1 dari 'Produce X101' (2019). 

Sayangnya, pihak Mnet melakukan kecurangan dengan memanipulasi hasil voting yang masuk sehingga para member yang terpilih tidak murni sesuai dengan hasil voting yang masuk.  Kasus yang menjadi skandal besar tersebut akhirnya terkuak dengan tertangkapnya para petinggi Mnet. 

Dari semua grup yang terbentuk, hanya IZ*ONE yang masih aktif. Sementara ketiga grup lainnya sudah dibubarkan, dimana I.O.I dan Wanna One bubar setelah kontrak mereka habis sebelum skandal ini terkuak. Sedangkan X1 langsung membubarkan diri begitu skandal ini mencuat.

Kasus ini pun menjadi skandal terbesar di industri Kpop akhir 2019 lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
M Fadli
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US